Filip Dewinter

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Filip Dewinter
FilipDeWinter2018.jpg
Dewinter (2018)
Anggota Parlemen Vlaam
Mulai menjabat
21 Mei 1995
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Belgia
Masa jabatan
13 Desember 1987 – 21 Mei 1995
Informasi pribadi
LahirPhilip Michel Frans Dewinter
11 September 1962 (umur 57)
Bruges, Belgia
KebangsaanBelgia
Partai politikVlaams Blok/Vlaams Belang
PasanganLutgarde Verboven
AnakKarolien
An-Sofie
Veroniek
Tempat tinggalAntwerpen (Ekeren)
PekerjaanPolitikus
Situs webwww.filipdewinter.be

Philip Michel Frans "Filip" Dewinter (lahir 11 September 1962; umur 57 tahun) adalah seorang politikus Belgia. Ia merupakan salah satu anggota penting dari partai Vlaams Belang, sebuah partai sayap kanan nasionalis.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Ayah Dewinter adalah seorang mahasiswa di Katholieke Universiteit Leuven pada masa Perang Dunia II ketika ia harus sembunyi dari ancaman deportasi oleh pasukan Jerman. Akan tetapi, ia kemudian tetap tertangkap dan setelah dipenjara selama beberapa bulan di Bruges, ia dideportasi ke Jerman untuk bekerja di sebuah pabrik amunisi. Ia kembali ke Belgia setelah perang dan enggan untuk melanjutkan studinya. Sementara itu, kakek Dewinter dari garis ibunya adalah menjadi anggota akif dalam gerakan perlawanan Jerman di Belgia yaitu Witte Brigade (Brigade Putih) di Blankenberge.[1][2]

Karier politik[sunting | sunting sumber]

Dewinter telah aktif secara politik ketika ia masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas Sint-Franciscus-Xaverius instituut di Bruges. Pada tahun 1978 ketika berusia 16 tahun, ia mendirikan Kelompok Aksi Pelajar Vlaam (Vlaamse Studenten Actie Groep) yang kemudian berubah menjadi Serikat Pemuda Pelajar Nasionalis (Nationalistisch Jong Studenten Verbond). Pada tahun yang sama, ia juga sempat menjadi anggota Partai Rakyat Vlaam (Vlaamse Volkspartij). Pada bulan September 1982, ia pindah ke Antwerp untuk menempuh pendidikan ilmu politik dan sosial di Universitas Antwerp yang tidak ia selesaikan. Dewinter kala itu juga menjadi anggota dari Persatuan Pelajar Nasinoalis (Nationalistische Studentenvereniging) yang merupakan salah satu perumus ideologi dari Vlaams Belang. Pada tahun 1983, ia menjadi anggota dari Vlaams Blok. Dewinter kemudian menyelesaikan pendidikan jurnalisme di Sekolah Erasmus (Erasmus Handelsschool) pada tahun 1985. Pada bulan November 1987, ia terpilih sebagai anggota Parlemen Belgia dan membentuk sebuah fraksi bersama Ketua Vlaams Blok, Gerolf Annemans. Di bawah kepemimpinan Dewinter, fraksi tersebut berkembang terutama pada tahun 1991 dengan perolehan suara partai sebanyak 12%.

Pada tahun 1988, ia menjadi anggota dari Dewan Kota Antwerpen. Ketika Parlemen Vlaam dan Parlemen Belgia mulai dipilih secara terpisah pada tahun 1995, ia memilih untuk menjadi anggota Parlemen Vlaam. Pernyataan kerasnya terutama mengenai imigrasi membuat partainya dapat memenangkan banyak kursi pada pemilihan umum tahun 1999 dan 2003. Dewinter bersama Annemans merupakan penulis "70-puntenplan", sebuah rencana kebijakan yang diterbitkan pada awal 1990-an.


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Karel De Gucht kan het niet laten". Vlaams Belang. 2004-12-13. Diakses tanggal 2017-12-13. 
  2. ^ Schwartz, Adi (2005-08-28). "A little-known story". Haaretz. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]