Lompat ke isi

Fiat Professional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Fiat professional)
Fiat Professional
Anak perusahaan (S.p.A.)
IndustriOtomotif
PendahuluFiat Veicoli Commerciali
Didirikan17 April 2007; 17 tahun lalu (2007-04-17)
Kantor pusat,
Wilayah operasi
Asia Pasifik, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika[1]:44
ProdukKendaraan niaga ringan
IndukStellantis
Situs webfiatprofessional.com

Fiat Professional adalah nama merek[2] dan anak usaha dari Stellantis yang memproduksi kendaraan niaga ringan dan varian penumpangnya. Merek ini diluncurkan pada tanggal 17 April 2007 untuk menggantikan divisi Fiat Veicoli Commerciali. Fiat Professional eksis di Asia Pasifik, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika, sementara di Amerika Latin menggunakan merek Fiat Automobiles. Fiat Ducato dan Fiat Doblò masing-masing dinamai ganda sebagai Ram ProMaster dan Ram ProMaster City untuk dijual di Kanada dan Amerika Serikat.

Produk saat ini

[sunting | sunting sumber]
  • Fiat Panda

Fiat Panda adalah versi van panel dari mobil kota buatan Fiat.

  • Fiat Fiorino

Fiat Fiorino adalah sebuah van panel. Versi MPV dari model ini dijual sebagai Fiat Qubo. Perancangan dan investasi untuk model ini dibagi dengan PSA Peugeot Citroën yang menjual versi dari model ini dengan merek Peugeot dan Citroën.[3]

  • Fiat Doblò

Fiat Doblò adalah sebuah van panel dan MPV yang diproduksi dalam dua generasi sejak tahun 2001. Model ini diluncurkan pada Paris Motor Show tahun 2000. Opel kemudian meluncurkan versi penamaan ganda dari model ini dengan nama Combo. Di Amerika Utara, model ini disebut sebagai Ram ProMaster City.

  • Fiat Scudo

Fiat Scudo adalah sebuah van berukuran sedang yang diproduksi di pabrik Sevel Nord, dan kini telah mencapai generasi ketiga. Model ini diluncurkan pada tahun 1994. Model ini merupakan versi penamaan ganda dari Citroën Jumpy.

  • Fiat Ducato

Fiat Ducato adalah sebuah van besar yang diproduksi di pabrik Sevel di Italia dan Brazil. Sejak tahun 2008, model ini juga diproduksi di bawah lisensi di Yelabuga, Rusia oleh Sollers (sebelumnya Severstal Auto). Sejak tahun 2013, model ini diproduksi oleh FCA US dengan nama Ram ProMaster.

  • Fiat Strada

Fiat Strada adalah sebuah coupé utility supermini yang didasarkan pada Palio. Model ini diproduksi di Betim, Minas Gerais, Brazil dan diekspor ke Uni Eropa. Pada tahun 2015, Ram Trucks meluncurkan versi penamaan ganda dari model ini khusus untuk dijual di Meksiko dengan nama Ram 700.

Produk terdahulu

[sunting | sunting sumber]
  • Fiat Punto

Fiat Punto adalah versi van panel dari supermini buatan Fiat.

  • Fiat Fullback

Fiat Fullback adalah sebuah pickup berukuran sedang yang merupakan versi penamaan ganda dari Mitsubishi Triton generasi kelima. Model ini diproduksi di Thailand mulai tahun 2016 hingga 2019 melalui sebuah joint venture antara Fiat Chrysler Automobiles dan Mitsubishi Motors. Model ini diekspor ke Eropa dan Timur Tengah.

  • Fiat Talento

Fiat Talento adalah sebuah van berukuran sedang yang diproduksi di Pabrik Renault Sandouville. Model ini dikenal sebagai versi penamaan ganda dari Renault Trafic. Model ini diproduksi mulai bulan Juli 2016 hingga tahun 2020. Model ini menggantikan Fiat Scudo yang didasarkan pada Citroën Jumpy.

  • Kendaraan lain

Sejumlah kendaraan lain buatan Fiat juga pernah dijual sebagai kendaraan niaga ringan oleh Fiat Professional tanpa benar-benar menjadi van panel, seperti Fiat Seicento/600,[4] Fiat Multipla,[5] Fiat Bravo,[6] atau Fiat 500L Pro.[7]

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ a b 2014 Annual Report (PDF), Fiat Chrysler Automobiles, diakses tanggal 13 March 2015 
  2. ^ ""Fiat Professional" is the new brand name for Fiat Light Commercial Vehicles". fiatcommercialvehicles.co.za. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 28, 2007. Diakses tanggal 2010-03-30. 
  3. ^ La production des petits utilitaires communs du groupe PSA et de Fiat a débuté officiellement ce mercredi 3 octobre. Article on [http://worldscoop.forumpro.fr/t71p480-psa-fiat-bipper-nemo-fiorino worldscoop site] (in French), dated 4 October 2007, last access on 29 October 2015
  4. ^ "600 Van | Fiat Professional | Stellantis". www.media.stellantis.com (dalam bahasa Slovak). Diakses tanggal 2022-05-09. 
  5. ^ "Fiat Professional Multipla Van". www.fiatprofessional.com (dalam bahasa Prancis). Diakses tanggal 2022-05-09. 
  6. ^ "Fiat Professional Bravo Van". www.fiatprofessional.com (dalam bahasa Prancis). Diakses tanggal 2022-05-09. 
  7. ^ "Al debutto la nuova Fiat 500L Pro". www.media.stellantis.com (dalam bahasa Italia). Diakses tanggal 2022-05-09. 

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]