Penamaan ganda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Peugeot 107 dan Citroën C1 terlihat sangat mirip, dan sebagian besar bagian konstruksinya identik.

Penamaan ganda dalam industri otomotif adalah bentuk segmentasi pasar yang digunakan oleh produsen mobil di seluruh dunia. Untuk memungkinkan diferensiasi produk tanpa merancang atau merekayasa model atau merek baru (dengan biaya atau risiko tinggi), pabrikan membuat mobil yang berbeda dengan menerapkan lencana atau merek dagang baru (merek, logo, atau nama/merek/merek pabrikan) ke lini produk yang ada.[1][2]

Penamaan ganda juga dikenal sebagai rebranding, penamaan ulang dan rebadging; yang terakhir adalah keliru ironis sengaja, dalam rekayasa yang sedikit atau tidak ada yang sebenarnya terjadi.[3][4] Istilah ini berasal dari praktik mengganti lambang mobil untuk menciptakan model baru yang dijual oleh pembuat yang berbeda. Perubahan mungkin terbatas pada pertukaran lencana dan emblem, atau mungkin mencakup sedikit perbedaan gaya, seperti perubahan kosmetik pada lampu depan, lampu belakang, fasia depan dan belakang, dan kulit bodi luar. Contoh yang lebih ekstrim melibatkan mesin dan drivetrain yang berbeda. Tujuannya adalah "untuk menyebarkan biaya pengembangan kendaraan baru yang besar ke sebanyak mungkin mobil."[5] Contohnya adalah rebadging General Motors dari Camaro sebagai Firebird, model yang sukses dari tahun 1970-an hingga 2000-an.[5] Beberapa mobil tidak akan dipasarkan tanpa penghematan biaya yang diperoleh dari praktik ini dan pembuat mobil dapat mengembangkan banyak "model berbeda - semuanya memakai lencana berbeda - dari satu platform."[6]

Di beberapa negara termasuk Jepang, pabrikan sering menggunakan frasa "pasokan OEM" atau "dipasok OEM" untuk menunjukkan kendaraan yang merupakan model rebadged dari atau untuk pabrikan lain..[7][8][9]

Meskipun berbagi platform sering kali melibatkan rebadging dan rebranding, itu juga dapat meluas lebih jauh, karena desain dapat digunakan di beberapa konfigurasi. Misalnya, satu platform dapat menopang desain bodi sedan, hatchback, atau SUV/CUV.

Penamaan ulang industri otomotif dapat dibandingkan dengan produk label putih di industri barang konsumsi lainnya, seperti elektronik konsumen dan perkakas listrik.

Planala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Chambers, Cliff (4 November 2011). "What is badge engineering?". motoring.com.au. Diakses tanggal 6 April 2015. 
  2. ^ Fingleton, Eamonn (7 April 2013). "Same Car, Different Brand, Hugely Higher Price: Why Pay An Extra $30,000 For Fake Prestige?". Forbes. Diakses tanggal 6 April 2015. 
  3. ^ Orlove, Raphael (3 May 2014). "The Ten Best Examples Of Badge Engineering". Diakses tanggal 6 April 2015. 
  4. ^ Martin, Murilee. "Badge Engineering". The Truth About Cars. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-12-12. Diakses tanggal 6 April 2015. 
  5. ^ a b Duff, Craig (28 October 2016). "Badge engineering and shared platforms explained". CarsGuide. Diakses tanggal 6 December 2020. 
  6. ^ Hagon, Toby (23 July 2020). "Keeping it in the family: why car makers share platforms with rivals". NewsComAu. Diakses tanggal 6 December 2020. 
  7. ^ "Maruti adds Toyota Glanza sales in their report as sales to other OEM". RushLane. 1 May 2019. Diakses tanggal 6 December 2020. 
  8. ^ "Toyota to build Suzuki-badged RAV4 and Corolla wagon for Europe". International Fleet World (dalam bahasa Inggris). 20 March 2019. Diakses tanggal 6 December 2020. 
  9. ^ "Next Mitsubishi Flagship Could Be Rebadged Infiniti M--In Japan, At Least". Motor Authority. Diakses tanggal 6 December 2020.