Festival Rendang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Festival Rendang adalah lomba memasak rendang yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh pemerintah kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Festival Rendang digelar untuk pertama kalinya pada tahun 2011. Setelah sebelumnya Rendang dinobatkan oleh CNN International sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia).

Penyelenggaraan[sunting | sunting sumber]

Festival Rendang 2011 dipusatkan di Ruang Terbuka Hijau Imam Bonjol, Kota Padang. Festival ini diikuti oleh 5.200 peserta dari 104 kelurahan se-Kota Padang.[2] Setiap kelurahan memasak 50 kg daging sapi untuk diolah menjadi Rendang. Festival yang dibuka langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring ini, berhasil memasak 5,2 ton[3] daging, sehingga mendapatkan piagam Museum Rekor Indonesia untuk kategori peserta dan daging terbanyak.

Festival Rendang 2011 juga diramaikan dengan wisatawan asing asal Jerman, yang turut serta dalam lomba memasak Rendang ini.

Pemenang[sunting | sunting sumber]

Setelah melalui seleksi yang ketat, kelurahan Alang Laweh, kecamatan Padang Selatan berhasil meraih juara pertama dalam festival ini. Kemudian disusul kelurahan Ambacang, kecamatan Kuranji di peringkat kedua. Sedangkan kelurahan Ulak Karang Selatan, kecamatan Padang Utara, dinyatakan keluar sebagai juara ketiga.[4]

Target[sunting | sunting sumber]

Mulai tahun 2012, Pemerintah Kota Padang menargetkan Festival Rendang akan dijadikan agenda tahunan. Selain Festival Malamang dan Festifal Siti Nurbaya yang telah lebih dahulu digelar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Besok Festival Rendang di Gelar. Padang Today. Diakes pada 14 Januari 2012.
  2. ^ Festival Rendang Ramaikan Tahun Baru di Padang. Tempo. Diakes pada 14 Januari 2012.
  3. ^ Festival Rendang 5,2 Ton. Kompas. Diakes pada 14 Januari 2012.
  4. ^ www.marawanews.com Festival Rendang Usai, Sang Juara Harus Bayar Hutang. Diakses pada 14 Januari 2012.