Favicon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search


Favicon adalah ikon utama yang muncul pada address bar suatu laman web dan merupakan logo dari laman web tersebut; juga dikenal sebagai shortcut icon, website icon, URL icon, atau bookmark icon.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Maret 1999, Microsoft merilis Internet Explorer 5 dengan dukungan favicon untuk pertama kalinya. Awalnya, favicon adalah sebuah berkas yang bernama favicon.ico ditempatkan di direktori akar (misalnya, http://en.wikipedia.org/favicon.ico) dari sebuah situs web. Itu digunakan di favorit Internet Explorer (bookmark) dan selanjutnya ke URL di address bar. Teknik ini telah menjadi usang karena semua peramban moderen mendukung favicon tanpa bookmark.

Kode[sunting | sunting sumber]

<link rel="shortcut icon"
href="http://example.com/myicon.ico" />
<link rel="icon"
type="image/vnd.microsoft.icon"
href="http://example.com/image.ico" />
<link rel="icon" type="image/png"
href="http://example.com/image.png" />
<link rel="icon" type="image/gif"
href="http://example.com/image.gif" />

favicon.ico berlokasi di akar laman web.

Peninggalan[sunting | sunting sumber]

Microsoft Internet Explorer hanya mendukung format file ICO, dengan mengubah ekstensi nama berkas gambar ke ico tanpa mengubahnya ke berkas ICO akan menghasilkan kesalahan dan tidak menampilkan favicon. Peramban Netscape 7, Internet Explorer 5, dan versi 6 hanya akan menampilkan favicon pada halaman yang telah di-bookmark dan tidak ketika halaman dikunjungi seperti pada peramban moderen.