Laman web

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Laman web, halaman web atau web page adalah sumber dokumen atau informasi yang sesuai untuk Waring Wera Wanua dan dapat diakses melalui peramban web dan ditampilkan pada monitor atau perangkat seluler.[1][2][3] Informasi ini biasanya dalam format HTML atau XHTML, dan bisa menyediakan navigasi ke halaman web lainnya melalui tautan hiperteks. Laman web yang sering menggolongkan sumber daya lain seperti style sheet, skrip dan citra ke dalam presentasi akhir mereka.[4]

Laman web dapat diambil dari komputer lokal atau dari remot server web. Server web dapat membatasi mengakses hanya ke jaringan pribadi misalnya intranet perusahaan, atau mungkin mempublikasikan halaman di Waring Wera Wanua. Laman web yang meminta dan dilayani dari server web menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Laman web dapat terdiri dari berkas teks statis dan konten lainnya yang disimpan di dalam sistem berkas server web (halaman web statis), atau mungkin dibangun oleh server-perangkat lunak sisi ketika mereka diminta (Laman web dinamis). Skrip-sisi klien dapat membuat halaman web lebih responsif terhadap masukan dari pengguna sekali di peramban klien.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Arti kata laman - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online". kbbi.web.id. Diakses tanggal 2019-07-31. 
  2. ^ "Pengertian Web Page". Temukan Pengertian. Diakses tanggal 2019-07-31. 
  3. ^ "Bahasa Indonesia di Dunia Siber: Komunikasi Berperantarakan Komputer-Internet | Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa". badanbahasa.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 2019-07-31. 
  4. ^ Umar, Wida Yanti Mohd Zen. "Pengenalan Pembangunan Laman Web" (dalam bahasa Inggris). 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]