Fatma Sultan (putri dari Selim I)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Fatma Sultan
فاطمہ سلطان
Foto Fatma Sultan, di arsip keluarga
Kelahiran1500
Trabzon, Kesultanan Utsmaniyah
Kematian1573 (umur 73)
Istanbul, Kesultanan Utsmaniyah
Pemakaman
Türbe Kara Ahmed Pasya
WangsaUtsmaniyah
AyahSelim I
IbuHafsa Sultan
PasanganMustafa Pasya
Kara Ahmed Pasya
Hadım İbrahim Pasya
AgamaIslam

Fatma Sultan (1500–1573) (Turki Otoman: فاطمہ سلطان) adalah putri Kesultanan Utsmaniyah, anak perempuan Sultan Selim I dengan Hafsa Sultan dan saudari Sultan Süleyman Al-Qanuni.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Ayah Fatma Sultan adalah Sultan Selim I, penguasa Utsmani kesembilan. Ibunya adalah Hafsa Hatun yang kemudian menjadi valide sultan atau ibu suri pada masa kekuasaan saudara Fatma, Süleyman.

Fatma Sultan menikah tiga kali. Kali pertama, dia menikah dengan Mustafa Pasya, Gubernur Antalya. Namun pernikahan ini berakhir dengan perceraian lantaran diketahui setelahnya bahwa Mustafa Pasya seorang homoseksual.[1]

Pada kali kedua, Fatma menikah dengan Kara Ahmed Pasya, pejabat Utsmani yang menjadi wazir agung (perdana menteri) pada 1553 sampai 1555 di masa kekuasaan Sultan Süleyman. Pada pernikahan keduanya, Fatma memiliki dua anak. Pernikahan mereka berakhir seiring meninggalnya Ahmed Pasya lantaran dihukum mati pada 1555 oleh Sultan Süleyman.

Terdapat perbedaan pendapat mengenai kehidupan Fatma setelah menjanda yang kedua kali. Sebagian menyatakan bahwa dia kemudian tinggal di Bursa tetapi kembali ke ibu kota setelah mangkatnya Sultan Süleyman. Pendapat lain menyatakan bahwa Fatma dinikahkan paksa dengan Hadım Ibrahim Pasya (Hadım sendiri berarti "orang kasim") antara tahun 1556 sampai 1562 sebagai hukuman atas keterlibatannya dalam intrik istana.

Fatma meninggal pada 1573 dan dimakamkan di türbe Kara Ahmed Pasya.

Penggambaran[sunting | sunting sumber]

Dalam serial Abad Kejayaan (Muhteşem Yüzyıl), Fatma Sultan diperankan oleh aktris bernama Meltem Cumbul.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Bacaan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Peirce, Leslie P., The Imperial Harem: Women and Sovereignty in the Ottoman Empire, Oxford University Press, 1993, ISBN 0-19-508677-5 (paperback).
  • Yavuz Bahadıroğlu, Resimli Osmanlı Tarihi, Nesil Yayınları (Ottoman History with Illustrations, Nesil Publications), 15th Ed., 2009, ISBN 978-975-269-299-2 (Hardcover).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Peirce 1993, hlm. 304.