Fanayama, Nias Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Fanayama, Nias Selatan
Negara Indonesia
ProvinsiSumatra Utara
KabupatenNias Selatan
Pemerintahan
 • Camat-
Populasi
 • Total19,093 jiwa (2.019) jiwa
Luas82,49 km²

[[Kategori:Kecamatan di Kabupaten Nias Selatan|]]

Fanayama adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Nias Selatan, Sumatra Utara, Indonesia. Kecamatan ini memiliki luas 82,49 km², dengan jumlah penduduk pada tahun 2019 sebanyak 19.903 jiwa dan kepadatan 231 jiwa/km².[1]

Demografi[sunting | sunting sumber]

Bahasa yang digunakan di desa ini sama dengan pada umumnya bahasa yang digunakan di pulau Nias, yaitu bahasa Nias dan juga bahasa Indonesia. Demikian pula dengan etnitas, mayoritas penduduk desa ini adalah suku Nias, bahkan bisa dikatakan hampir semuanya. Namun ada pula etnis minoritas lainnya yang ada di beberapa kawasan yang merupakan suku Batak dan Jawa.

Sementara berdasarkan keagamaan, di desa ini 100% beragama Kekristenan, dimana Protestan 79,75% dan Katolik 20,25%.[2] Dan pekerjaan utama masyarakat adalah sebagai petani, dan ada sebagian sebagai Pegawai Negeri Sipil atau PNS, Tentara atau Polisi, dan sebagian sebagai pedagang.[1]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


  1. ^ a b "Kabupaten Nias Selatan Dalam Angka 2020" (pdf). www.niasselatankab.bps.go.id. Diakses tanggal 27 September 2020. 
  2. ^ "Jumlah Penduduk Menurut Kecamatan dan Agama yang Dianut di Kabupaten Nias Selatan". www.niasselatankab.bps.go.id. Diakses tanggal 27 September 2020.