Fahriansyah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Fahriansyah
Berkas:Fahriansyah.jpg
Lahir26 November 1987 (umur 32)
Rantau, Tapin, Kalimantan Selatan


Fahriansyah (lahir di Rantau, Tapin, Kalimantan Selatan, 26 November 1987; umur 32 tahun) adalah pegulat Indonesia asal Kalimantan Selatan. Ia telah mengikuti empat kali SEA Games pada cabang olahraga gulat. Selama kariernya tersebut, sedikitnya 3 emas dan 1 perak sudah disumbangkannya bagi Indonesia.

Karier[sunting | sunting sumber]

Pada SEA Games yang pertamanya di Thailand, tahun 2007, ia berhasil menggondol Medali emas pada nomor gaya bebas 74 kg. Sama halnya pada SEA Games ke duanya yang berlangsung di Laos, pada tahun 2009, Fahri kembali mempertahankan posisinya yang merupakan juara bertahan dengan meraih medali emas pada nomor yang sama.

Pada SEA Games yang berlangsung di Jakarta-Palembang, 2011 silam bermain di nomor yang sama, Fahri harus puas atas pencapaiannya pada medali perak. Hal tersebut sangat memukul Fahri, pasalnya saat 2011 lalu, merupakan penampilan puncaknya pada ajang pesta olahraga negara-negara ASEAN.

Dua tahun berselang, Fahri mempersiapkan diri untuk kembali mengulang suksesnya meraih emas. Berbekal tryout satu minggu di Rumania, sebelum bertolak ke Myanmar, membuat Fahri dan tim gulat Merah-Putih bersemangat mengikuti SEA Games XXVII 2013 di Myanmar.

Pada SEA Games tahun 2013, Fahri diberikan tantangan yang lebih berat dari dua tahun sebelumnya. Dia dipercaya naik kelas, yakni turun pada nomor gaya bebas 84 kg. Namun ia mampu mengalahkan lawan-lawannya. Pertandingan dengan format round-robin ini, Fahri mampu mengalahkan pemain Kamboja yang merupakan atlet Korea Utara yang dinaturalisasi oleh Kamboja. Setelah itu Fahri mampu mengalahkan atlet Thailand, Myanmar dan terakhir mampu mengalahkan atlet Filipina. Fahri berhasil meraih medali emas untuk Indonesia.[1]

Setelah ini, Fahri kembali fokus pada persiapan PON 2016 yang akan berlangsung di Jawa Barat memperkuat Kalimantan Selatan.

Pestasi[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]