Félicette

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Félicette merupakan seekor kucing yang pernah dikirim ke luar angkasa[1][2] dan kembali ke Bumi dengan selamat.[3] Ia menjadi kucing pertama yang pernah dikirim ke luar angkasa oleh negara manapun.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada 3 November 1957, negara Uni Soviet mengirimkan Laika, seekor anjing, ke luar angkasa dalam Sputnik 2. Anjing tersebut merupakan anjing liar yang ditemukan di jalanan Moskwa. Laika tewas selama di luar angkasa dan menjadi hewan pertama yang masih hidup yang dikirim ke luar angkasa. Dalam kasus yang sama, Ham juga merupakan simpanse pertama yang pernah mengorbit Bumi, sedangkan Enos menjadi simpanse kedua yang dikirim ke luar angkasa pada 29 November 1961, yang dikirim oleh NASA.

Misi luar angkasa[sunting | sunting sumber]

Pihak Prancis memiliki 14 ekor kucing dalam pelatihan (dalam peralatan seperti alat sentrifugal tinggi dan ditempatkan di dalam ruang bertekanan) pada tahun 1963. Hewan-hewan tersebut dilatih oleh Centre d'Enseignement et de Recherches de Médecine Aéronautique (CERMA).

Pada 18 Oktober 1963 pukul 8.09 pagi, pada roket penelitian Prancis Véronique AGI 47 yang dibuat di Vernon, Eure, Félicette, seekor kucing betina hitam-putih yang ditemukan di jalanan Paris, dikirim ke luar angkasa.[2][4] Véronique berasal dari Agregat Perang Dunia II Jerman (keluarga roket) (A8), dan juga menyebabkan peluncuran satelit Diamant Prancis.

Véronique AGI dikembangkan untuk Tahun Geofisika Internasional pada tahun 1957 untuk penelitian biologi. Tujuh dari 15 Véronique AGI dapat membawa hewan yang masih hidup.

Penerbangan Félicette merupakan penerbangan bukan untuk pengorbitan. Ketika sampai 156 kilometer,[2] kucing tersebut selamat setelah menggunakan kapsul berparasut untuk kembali ke Bumi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Musée imaginaire – Les compagnons de l'Espace : les précurseurs – Exposition". cnes-observatoire.net (dalam bahasa bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-04-21. Diakses tanggal 18 Oktober 2017. 
  2. ^ a b c Paoletta, Rae. "The Secret History of the First Cat in Space". Gizmodo (dalam bahasa bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-06. Diakses tanggal 18 Oktober 2017. 
  3. ^ "Cats in space - First space cat Felix or Felicette?". monkeyinspace.net (dalam bahasa bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-03-25. Diakses tanggal 18 Oktober 2017. His replacement was a female cat Félicette which was launched on 18 October 1963 riding the French Véronique AG1 rocket from Algerian Sahara desert rocket base. During her 15 minutes long flight she reached the altitude of 130 miles and safely returned to Earth alive. 
  4. ^ Gray, Tara. "Animals in Space". history.nasa.gov (dalam bahasa bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2004-10-11. Diakses tanggal 18 Oktober 2017. On October 18, 1963, French scientists launched the first cat into space on a Veronique AGI sounding rocket No. 47. The cat, named Félicette, was successfully retrieved after a parachute descent, but a second feline flight on October 24 ran into difficulties that prevented recovery. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]