Diamant

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Diamant P6230215.JPG

Diamant roket (Diamant adalah Prancis untuk "diamond") adalah sistem peluncuran dibuang yang pertama secara eksklusif Prancis dan pada saat yang sama peluncur satelit pertama yang tidak dibangun baik oleh Amerika Serikat atau Uni Soviet. Dengan demikian itu adalah pendahulu utama dari semua proyek peluncur Eropa berikutnya. Itu berasal dari program militer Pierres précieuses (Prancis: batu permata ) yang meliputi lima prototipe Agathe, Topaze, Emeraude, Rubis dan Saphir (Akik, Topaz, Emerald, Ruby dan Sapphire).

Desain Diamant dimulai pada tahun 1962, sebagai proyek perdana pesawat badan antariksa ruang angkasa Prancis, CNES. Dari 12 upaya peluncuran antara tahun 1965 dan 1975, 9 berhasil. Paling menonjol, Diamant itu digunakan untuk menempatkan satelit Prancis, Astérix, ke orbit pada tanggal 26 November 1965. Meskipun keberhasilan ini, Prancis meninggalkan Program peluncur nasional dalam mendukung peluncur Ariane Eropa pada tahun 1975.

Tiga versi berturut-turut dari roket Diamant dikembangkan, ditunjuk A, B dan BP4. Semua versi memiliki tiga tahap dan payload sekitar 150 kg untuk 200 km orbit.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • [1] (French language page with history on French/ESA rockets)
  • Precious stone (Series of French rockets built in the 1950s-1960s)