Exovedate

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Exovedate adalah nama yang diciptakan oleh pemimpin Métis Louis Riel dan mengacu kepada Dewan Pemerintahan Sementara Saskatchewan selama Pemberontakan Barat Laut di Provinsi Saskatchewan, Kanada.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Sepuluh tahun sebelum pemberontakan meletus, pada tanggal 8 Desember 1875, Riel memperoleh wahyu setelah menghadiri misa di Washington D.C.. Dalam wahyu tersebut, Tuhan berbicara kepada Riel dalam bahasa Latin, dan Riel berkeyakinan bahwa Tuhan telah memilihnya untuk menjadi pemimpin orang Métis yang akan memimpin orang Métis ke tanah terjanji mereka, sama seperti ketika Tuhan memilih Musa untuk memimpin orang-orang Yahudi. Semenjak itu, Louis mengadopsi nama tengah "David" dan menyebut dirinya "nabi dunia baru". Untuk mewujudkan ambisi ini, ia mendirikan Exovedate pada Maret 1885. Anggota-anggota dewan dijuluki Exovede. Istilah ini adalah sebuah neologisme yang dibuat oleh Riel dan berasal dari kata Latin ex "keluar dari" dan ovis "domba", yang berarti "yang terpilih dari kawanan domba". Exovedate terdiri dari dua puluh laki-laki, Gabriel Dumont dan Honoré Jackson. Sebagian besar anggota Exovedate adalah orang Métis; namun, terdapat pula dua orang Perancis Kanada dan kepala suku Sioux White Cap, serta Jackson yang merupakan seorang Methodis berbahasa Inggris.

Tujuan akhir Exovedate adalah untuk memperbaiki taraf hidup orang Métis yang buruk akibat marginalisasi dan kemiskinan. Pertemuan terakhir Exovedate sebelum kekalahan Métis diadakan pada tanggal 31 Maret 1885.

Referensi[sunting | sunting sumber]