Pemerintahan Sementara Saskatchewan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemerintahan Sementara Saskatchewan

Gouvernement provisoire de la Saskatchewan
1885–1885
Lagu kebangsaanThe Song of Pierre Falcon[1]
Lokasi Saskatchewan
Lokasi Saskatchewan
StatusNegara yang tidak diakui, pemerintahan sementara
Ibu kotaBatoche
Bahasa yang umum digunakanBahasa Prancis Kanada (Métis), Michif, Cree
PemerintahanKediktatoran militer
Republik
Kepala suku 
• 1885
Louis Riel
LegislatifExovedate
Sejarah 
• Didirikan
19 Maret 1885
• Dibubarkan
20 Mei 1885
Didahului oleh
Digantikan oleh
Kanada
Northwest Territories
Kanada
Northwest Territories
Sekarang bagian dari Kanada
-  Saskatchewan
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Pemerintahan Sementara Saskatchewan adalah sebuah negara yang dideklarasikan selama Pemberontakan Barat Laut pada tahun 1885 di wilayah yang kini merupakan bagian dari Provinsi Saskatchewan di Kanada. Nama pemerintahan ini digagas oleh Louis Riel. Walaupun Riel pada awalnya mengharapkan dukungan dari orang-orang Countryborn, Cree dan pendatang Eropa di Lembah Saskatchewan, hal tersebut tidak terwujud. Para pemimpin pemerintahan ini adalah orang-orang Métis yang menuturkan bahasa Prancis (kecuali Honoré Jaxon dan Kepala Suku White Cap). Gabriel Dumont diproklamirkan sebagai Ajudan Jenderal dan merupakan komandan militer tertinggi, walaupun Riel sebenarnya lebih berkuasa dan dapat mengganti keputusan Dumon. Pemerintahan ini dideklarasikan oleh Riel pada tanggal 19 Maret 1885.[2] Pemerintahan ini dibubarkan setelah kekalahan Métis dalam Pertempuran Batoche pada tanggal 20 Mei 1885. Sepanjang keberadaannya yang singkat, pemerintahan ini hanya memiliki kekuasaan di wilayah Southbranch Settlement di sepanjang Sungai Saskatchewan Selatan. Kota-kota penting lain di wilayah Saskatchewan (seperti Prince Albert, Saskatoon, dan sebagian besar daerah reservasi penduduk asli) masih berada di tangan pemerintah.

Exovedate[sunting | sunting sumber]

Dewan pemerintahan ini disebut Exovedate. Dewan ini memperdebatkan berbagai macam isu seperti kebijakan militer, hukum lokal, dan masalah teologi. Dewan ini berhimpun di Batoche, Saskatchewan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-02-01. Diakses tanggal 2017-07-21. 
  2. ^ "Louis Riel: A Brief Chronology" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2007-10-25. Diakses tanggal 2007-09-24. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]