Everest (film 2015)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Everest
Everest poster.jpg
Poster rilis teatrikal
SutradaraBaltasar Kormákur
Produser
Penulis
Pemeran
MusikDario Marianelli
SinematografiSalvatore Totino
PenyuntingMick Audsley
Perusahaan
produksi
DistributorUniversal Pictures
Tanggal rilis
  • 23 Juni 2015 (2015-06-23) (CineEurope)
  • 18 September 2015 (2015-09-18) (Amerika Serikat dan Britania Raya)
Durasi
121 menit[1]
NegaraBritania Raya
Amerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$55 juta[2]
Pendapatan kotor$202.4 juta[2]

Everest adalah sebuah film drama thriller pertahanan hidup petualangan-bencana biografi Amerika-Britania 2015 yang disutradarai oleh Baltasar Kormákur dan ditulis oleh William Nicholson dan Simon Beaufoy, yang dibintangi oleh Jason Clarke, Josh Brolin, John Hawkes, Robin Wright, Michael Kelly, Sam Worthington, Keira Knightley, Emily Watson, dan Jake Gyllenhaal.

Film tersebut dibuka di Festival Film Internasional Venesia ke-72 pada 2 September 2015, dan dirilis di layar lebar pada 18 September 2015.[3] Film tersebut berdasarkan pada kisah-kisah nyata dari bencana Gunung Everest 1996, dan berfokus pada upaya-upaya bertahan hidup dari dua kelompok ekspedisi, yang satu dipimpin oleh Rob Hall (Jason Clarke) dan yang lainnya oleh Scott Fischer (Jake Gyllenhaal).

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Setelah beberapa kali sukses memandu ekspedisi mendaki Gunung Everest, Rob Hall (Jason Clarke) dan tim pendaki gunung profesionalnya yang tergabung dalam Adventure Consultant, harus kembali memimpin sekelompok pendaki gunung amatir untuk menaklukkan gunung dengan puncak tertinggi di dunia itu. Di antara para pendaki amatir yang tergabung dalam kelompok Rob adalah Beck Weathers (Josh Brolin), seorang miliuner, Doug Hansen (John Hawkes), seorang tukang pos yang sebenarnya telah berkali-kali mendaki Everest, namun selalu harus pulang tanpa pernah dapat mencapai puncak, John Krakauer (Michael Kelly), seorang penulis, dan Yasuko Namba (Naoko Mori), pendaki wanita asal Jepang yang bermaksud menjadikan Everest sebagai puncak ketujuh yang ditaklukkannya. Maka, meninggalkan sang istri, Jane (Kiera Knightly), yang tengah mengandung anak pertamanya, Rob Hall, untuk ke sekian kalinya, berangkat menantang Everest.

Berawal dari Nepal, ujian sebenarnya bagi para pendaki Everest telah menanti begitu mereka tiba di basecamp, sebuah tempat yang dijadikan pos tempat berkumpulnya pendaki gunung dari seluruh dunia. Dengan ketinggian lebih dari sekitar lima ribu meter di atas permukaan laut, suhu dingin yang ekstrem, dan oksigen yang tipis, para pendaki diuji oleh ganasnya bentang alam Everest. Ditambah lagi, persaingan antarkelompok pendaki yang berlomba menundukkan puncak tertinggi di dunia. Di sinilah Rob bertemu Scott Fischer (Jake Gyllenhaal), pemimpin kelompok Mountain Madness yang sepertinya pernah—dan mungkin pula masih—memendam semacam intrik personal dengan Rob.

Kisah Everest berlanjut dengan sederet adegan pendakian di medan-medan yang sulit. Terjangan badai dan cuaca seringkali berubah di luar dugaan. Masalah teknis dengan peralatan dan perlengkapan mendaki pun seolah tak mau ketinggalan untuk ambil bagian menjadi kendala. Otomatis, ketahanan fisik dan mental para pendaki benar-benar dijajal habis. Alam seakan memaksa para pendaki gunung tersebut untuk memilih: bertahan dan terus berjuang mencapai puncak dengan mempertaruhkan nyawa atau pulang dengan tangan hampa.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "EVEREST (12A)". Badan Klasifikasi Film Britanian. 31 Juli 2015. Diakses tanggal 31 Juli 2015. 
  2. ^ a b "Everest (2015)". Box Office Mojo. (Amazon.com). Diakses tanggal 23 Desember 2015. 
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama release-date
  4. ^ Sinopsis Film Everest ~ Film Terbaik

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Gunung Everest