Lompat ke isi

Eufonia semak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Eufonia semak
Euphonia affinis Edit nilai pada Wikidata

Edit nilai pada Wikidata
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22722700 Edit nilai pada Wikidata
Taksonomi
DivisiManiraptoriformes
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliFringillidae
GenusEuphonia
SpesiesEuphonia affinis Edit nilai pada Wikidata
Lesson, 1842
Tata nama
Sinonim taksonWest Mexican Euphonia (en) Terjemahkan Edit nilai pada Wikidata
Distribusi

Edit nilai pada Wikidata

Eufonia semak ( Euponia affinis ) adalah spesies burung dalam keluarga Fringillidae .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Betina (kiri) dan Jantan (kanan)

Kedua jenis kelamin memiliki paruh yang tipis dan halus, lebih kecil dibandingkan euphonia lainnya. Kaki dan mata gelap. Jantan berwarna kuning cerah di bagian bawah dan hitam di bagian atas, dengan bintik kuning kecil di bagian depan mahkota. Crissumnya berwarna putih. Betina memiliki kepala berwarna abu-abu, bagian atas berwarna zaitun kehitaman, bagian bawah berwarna abu-abu cerah, serta perut dan crissum berwarna putih. [2]

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Sarangnya berbentuk struktur bulat dengan pintu masuk samping, ditempatkan di jalinan vegetasi atau tempat terlindung lainnya. Telurnya berjumlah 2-5 dan berwarna keputihan dengan bintik coklat. [3]

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Eufonia semak tersebar di kedua pantai Meksiko, di selatan negara bagian Sonora dan Nuevo Leon, serta sebagian besar negara di sebelah timur Tanah Genting Tehuantepec, termasuk Semenanjung Yucatan . Ia dijumpai di seluruh Belize, Guatemala, Honduras dan Nikaragua dan di sepanjang dataran rendah pesisir Atlantik dan Pasifik Tengah dan Utara di Kosta Rika . [4] Hal ini dapat ditemukan di kawasan pertumbuhan sekunder, tegakan pohon, kawasan pertanian dan kebun, serta kawasan lain yang terganggu oleh manusia.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Eufonia semak sering ditemukan berasosiasi dengan eufonia leher-kuning serta pada spesies campuran yang sedang mencari makan. Ia memakan banyak buah, terutama tertarik pada buah kapasilan .

Vokalisasi[sunting | sunting sumber]

Ini adalah spesies vokal. Panggilannya termasuk dwee dwee dwee yang cerah, syeeu syeeu yang sedih dan panggilan penerbangan yang berkicau, slip slip . Lagu-lagu mereka bervariasi, termasuk si chi-chi-chi-si dan kicauan yang cair dan berkicau. [5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2020). "Euphonia affinis". 2020: e.T22722700A137413838. doi:10.2305/IUCN.UK.2020-3.RLTS.T22722700A137413838.en. 
  2. ^ Howell, Steve and Sophie Webb, A Guide to the Birds of Mexico & Northern Central America, Oxford University Press: Oxford.
  3. ^ Howell, Steve and Sophie Webb, A Guide to the Birds of Mexico & Northern Central America, Oxford University Press: Oxford.
  4. ^ van Perlo, Ber, Birds of Mexico & Central America, Princeton University Press: Princeton.
  5. ^ Howell, Steve and Sophie Webb,A Guide to the Birds of Mexico & Northern Central America, Oxford University Press: Oxford.