Escola Nacional de Belas Artes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Escola Nacional de Belas Artes
Hall Reitoria UFRJ.jpg
Bekas nama Sekolah Sains, Seni dan Kerajinan Kerajaan
Akademi Seni Rupa Murni Kekaisaran
Didirikan 1891; 127 tahun lalu (1891)
Jenis Seni rupa murni
Institusi induk Universitas Federal Rio de Janeiro
Lokasi Rio de Janeiro, Rio de Janeiro, Brasil
Dean Carlos Gonçalves Terra
Situs web www.eba.ufrj.br

Escola de Belas Artes (Sekolah Seni Rupa Murni) adalah salah satu pusat Universidade Federal do Rio de Janeiro dan bermula pada zaman kolonial.

Sebuah surat kerajaan dari 20 November 1800 oleh Yohanes VI dari Portugal mendirikan Aula Prática de Desenho e Figura di Rio de Janeiro. Tempat tersebut merupakan institusi pertama di Brasil yang secara sistematis didedikasikan untuk mengajar seni rupa. Pada zaman kolonial, seni rupa umumnya bertema keagamaan dan alam.

Dekret 12 Agustus 1816 membuat Escola Real de Ciências, Artes e Ofícios (Sekolah Sains, Seni dan Kerajinan Kerajaan), yang mendirikan pendidikan resmi dalam bidang seni rupa. Kemudian, sekolah tersebut berganti nama menjadi Academia Imperial de Belas Artes (Akademi Seni Rupa Murni Kekaisaran), yang menerapkan sistem edukasi artistik yang akan berpengaruh besar pada perkembangan seni rupa Brasil.

Pada 8 November 1890, Akademi Kekaisaran lama bertransformasi menjadi Escola Nacional de Belas Artes (Sekolah Seni Rupa Nasional). Pada 1931, Sekolah tersebut bergabung dengan Universitas Rio de Janeiro, sekarang Universitas Federal Rio de Janeiro.

Murid Terkenal[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]