Ernst Heinrich Barlach

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Gambar Ernst Heinrich Barlach


Ernst Heinrich Barlach adalah seorang pematung, pelukis dan penulis sastra dari aliran ekspresionis kelahiran 2 Januari 1870 di Wedel, Jerman dan meninggal pada tanggal 24 Oktober 1938 di Gustrow, Jerman.[1][2] Gaya pematungan Barlach lebih dikenal dengan sebutan Gotik Modern.[1][2] Ia juga dalam karya-karyanya sering bereksperimen perpaduan antara seni grafis dan seni drama terutama naskah drama dan karya-karyanya tersebut di segala media sering identik dengan tema penderitaan dari umat manusia. Barlach mendapatkan pendidikan kesenian di Hamburg, Jerman dan kemudian di Dresden dan Paris.[1][2] Karier awalnya terpengaruh oleh Jugendstil, seorang seniman Jerman aliran Art Nouveau’, Barlach bergerak dalam bidang kesenian patung dan seni dekorasi.[1][2] Pada tahun 1906, ia berkelana ke Rusia tempat ia melihat pemandangan rakyat-rakyat jelata dan buruh menstimulasi komitmennya untuk memahat dan mengembangkan gaya pemahatannya dalam kariernya selanjutnya; patung-patung yang ia buat sering berbentuk monumental dan besar dibalut dengan kain-kain.[1][2] Dalam karyanya berjudul The Solitary One (1911), detil-detil dari patung tersebut dihilangkan dan digantikan dengan bentuk-bentuk yang besar dan tampak seakan-akan hampir meledak penuh dengan energi.[1][2] Ia memiliki sebuah museum di Gustrow, Jerman dan rumah kesenian di the Ernst Barlach House, Hamburg yang terdapat berbagai macam koleksi patung, lukisan dan seni grafisnya.[1][2]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g (Inggris)"Ernst Heinrich Barlach". Brittanica. Diakses tanggal 20 juni 2014.  Periksa nilai tanggal di: |accessdate= (bantuan)
  2. ^ a b c d e f g (Inggris)"Ernst Heinrich Barlach Benoit". Art Directory. Diakses tanggal 20 juni 2014.  Periksa nilai tanggal di: |accessdate= (bantuan)