Erna Spoorenberg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Huberdina Aletta "Erna" Spoorenberg (lahir di Yogyakarta, 11 April 1925 – meninggal di Vught, Vught, 18 Maret 2004 pada umur 78 tahun) adalah penyanyi soprano Belanda.

Ia adalah puteri Wilhelmus Hubertus Barbara Spoorenberg, seorang pegawai Jav. Linnenweverij dan Thérèse Agnes Backer Overbeek. Keluarga tersebut akhirnya pindah ke Belanda pada tahun 1929 dan Erna belajar di Hilversum dan Amsterdam.

Pada tahun 1947, ia memulai debut dengan mengudara di Exultate Jubilate yang disiarkan oleh Radio Hilversum. Sejak tahun 1958, ia menjadi anggota utama di De Nederlandse Opera di Amsterdam.

Pada tahun 1949, ia pertama kali turut dalam opera Die Zauberflöte sebagai Pamina di Wiener Staatsopera. Pada tahun 1967, ia memulai debut di New York City. Ia dikenal akan interpretasi yang dilakukannya dalam opera-opera yang mengangkat karya Wolfang Amadeus Mozart. Ia juga dikenal karena keikutsertaan dalam Matthäus-Passion karya Johann Sebastian Bach di Naarden dan Amsterdam.

Pada tahun 1963, Spoorenberg dianugerahi Edison Music Awards untuk rekaman album atas interpretasinya sebagai Melisande dalam drama Pelleas et Melisande.

Antara tahun 1970-1978, ia menjadi guru nyanyi di Konservatorium Brusel. Antara tahun 1971-1978, ia juga menjadi guru nyanyi di Konservatorium Sweelinck, Amsterdam. Setelah tahun 1978, ia menjadi guru privat.

Pada tahun 2002, ia dianugerahi gelar komandan dalam Orde Oranje-Nassau. Sejak tahun 1983, Spoorenberg tinggal di Vught. Di akhir hidupnya, Spoorenberg memiliki arsip pribadi yang sekarang tersimpan di Lembaga Teater Belanda.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]