Ennis del Mar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ennis Del Mar
Penampilan
perdana
"Brokeback Mountain"
PenciptaAnnie Proulx
PemeranHeath Ledger
Informasi
Jenis kelaminLaki-laki
PekerjaanPenggembala domba, pengurus peternakan
PasanganAlma Beers
AnakAlma Jr.
Jenny
KerabatK.E.

Ennis del Mar (Del Mar dalam film) adalah karakter fiksi utama dari cerita pendek "Brokeback Mountain" karya Annie Proulx dan adaptasi film tahun 2005 pemenang Oscar bernama sama sutradaraan Ang Lee. Kisah Ennis digambarkan dengan hubungan percintaan dan seksual kompleksnya dengan Jack Twist di American West, sepanjang dua dekade dari 1963 sampai 1983. Dalam film tersebut, ia diperankan oleh Heath Ledger, yang dinominasikan pada Academy Award untuk Aktor Terbaik atas penampilannya.

"Ennis del Mar" secara literal diterjemahkan menjadi "Pulau dari Laut". Ennis adalah sebuah kesalahan pengucapan dari kata Irlandia inis untuk pulau dan del mar adalah kata Spanyol untuk "dari laut".

Karakterisasi[sunting | sunting sumber]

Dalam sebuah wawancara tentang karyanya, dan terutama "Brokeback Mountain", Proulx menyatakan bahwa Ennis Del Mar "sebanding dengan [bocah] peternakan Wyoming" yang ia temui sendiri dalam keadaan seksual pribadi yang ia tak bisa majukan, maupun dapat dipahami. Ia berkata bahwa kedua pria tersebut "ditekan oleh mitos koboi," dan "Ennis berusaha untuk menjadi salah satunya namun tak pernah mendapatkan pekerjaan peternakan yang lebih."[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Testa, Matthew (December 7, 2005). "Exclusive PJH Interview: At close range with Annie Proulx". Planet Jackson Hole. Diakses tanggal 2007-07-28. 
  2. ^ Testa, Matthew (December 29, 2005). "Close Range". Salt Lake City Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-06-03. Diakses tanggal 2007-07-28.