Endoskeleton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Endoskeleton dari ikan todak

Endoskeleton (dari Kata bahasa Yunani ἔνδον, éndon = "didalam" + σκελετός, skeletos = "kerangka") adalah sebuah kerangka struktur (rangka) yang tereltak pada bagian dalam hewan, umumnya terbentuk dari jaringan termineralisasi[1][2] yang dilapisi oleh jaringan lunak. Endoskeleton berfungsi sebagai sebuah penunjang struktur melawan gravitasi dan muatan mekanis, dan sebagai sebuah lokasi lampiran tempat menempelnya otot rangka untuk mengirim gaya, serta untuk melakukan perkerakan dan lokomosi.

Vertebrata merupakan klad hewan umum dengan endoskeleton (kebanyakan terdiri dari tulang dan terkadang tulang rawan), namun spons juga mengembangan sebuah wujud endoskeleton mirip jaring yang terbentuk dari elemen penyokong kecil dari kalsit atau silika dari air yang disebut dengan spikula, sementara echinodermata memiliki endoskeleton dermal dari kalsit yang dikenal sebagai osikel.

Beberapa sefalopoda coleoidea (cumi-cumi dan sotong) memiliki cangkang dalam vestigial yang terbuat dari aragonit atau kalsit-kitin yang dikenal sebagai gladius atau tulang sotong (cuttlebone), yang dapat berfungsi sebagai daerah menempelnya otot, namun fungsi utamanya adalah untuk mempertahankan daya apung, bukan untuk memberi tunjangan struktur.

ManusiaTengkorak manusiaAustralopithecusNeanderthalSimpanseBabunLangurGorilaBabi hutanSapiSingaSerigala abu-abuKudaGajahKambingHippopotamidaeUntaKanguruAntelopWalrusKelelawarPausElangBurung beo sejatiAyamAyam jantanBurung tukanCasuariidaePenguinBangauBurungUlarMuraBoa pembelitBuayaKadalKura-kuraKatakSalamanderPerchSturgeonIkan ayam-ayamPariEsox
Mengklik tengkorak pada gambar ini membuat peramban memuat artikel yang sesuai dengan tengkorak yang diklik

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hyman, Libbie Henrietta (1992-09-15). Hyman's Comparative Vertebrate Anatomy (dalam bahasa Inggris). University of Chicago Press. hlm. 192–236. ISBN 978-0-226-87013-7. 
  2. ^ Gillis, J. Andrew (2019), "The Development and Evolution of Cartilage", Reference Module in Life Sciences (dalam bahasa Inggris), Elsevier, doi:10.1016/b978-0-12-809633-8.90770-2, ISBN 978-0-12-809633-8, diakses tanggal 2023-10-03