Endemol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Endemol Group
IndustriProduksi
Distribusi
Lisensi
Media
GenrePerusahaan produksi
NasibBergabung dengan Shine Group dan membentuk Endemol Shine Group, kemudian berubah nama menjadi Banijay
PenerusBanijay
Didirikan1994
PendiriJoop van den Ende
John de Mol
Ditutup1 Januari 2015 (kecuali Endemol Portugal)
Kantor
pusat
,
IndukEndemol Shine Group
Situs webwww.endemol.com

Endemol adalah sebuah perusahaan berbasis Belanda yang memproduksi dan mendistribusikan konten multi-platform hiburan. Perusahaan setiap tahunnya menghasilkan lebih dari 15.000 jam program secara naskah maupun non-naskah, termasuk drama, reality TV, komedi, game show, hiburan, program faktual dan program anak-anak.

Endemol terdiri dari jaringan global yang beroperasi di lebih dari 30 negara (termasuk Indonesia) dan bekerja dengan lebih dari 300 lembaga penyiaran, platform digital dan pemegang lisensi di seluruh dunia. Bisnis ini juga meliputi pengembangan, produksi, pemasaran, distribusi, manajemen waralaba dan inisiatif multi-platform termasuk video digital, game dan aplikasi.

Sejarah pendirian[sunting | sunting sumber]

Endemol didirikan pada tahun 1994 oleh penggabungan perusahaan produksi televisi milik Joop van den Ende dan John de Mol, nama yang berasal dari kombinasi nama keluarga mereka. Endemol memiliki spesialisasi dalam format pemrograman yang dapat disesuaikan untuk berbagai negara di seluruh dunia serta platform media yang berbeda. Salah satu acara tersukses dan sukses di seluruh dunia adalah Big Brother dengan versi di banyak negara setelah versi Belanda awal. Contoh lain termasuk Deal or No Deal (dijual ke lebih dari 75 negara), The Million Pound Drop (dijual di lebih dari 50 negara), Fear Factor (dijual di 30 negara) dan Wipeout (dijual di lebih dari 30 negara). Pada 1 Januari 2015, Endemol resmi bergabung dengan perusahaan yang dimiliki anak dari Rupert Murdoch, Elisabeth Murdoch, yaitu Shine Group untuk membentuk sebuah perusahaan baru, yaitu Endemol Shine Group

[sunting | sunting sumber]