Emmett Till

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Emmett Till
LahirEmmett Louis Till
(1941-07-25)25 Juli 1941
Chicago, Illinois, Amerika Serikat
Meninggal28 Agustus 1955(1955-08-28) (umur 14)
Money, Mississippi, Amerika Serikat
Sebab meninggalPenghakiman massal

luka peluru

mutilasi
MakamBurr Oak Cemetery
Alsip, Illinois
PendidikanJames McCosh Elementary School
Orang tuaMamie Carthan Till-Mobley
Louis Till

Emmett Louis Till (25 Juli 1941 – 28 Agustus 1955) adalah seorang Afrika Amerika berusia 14 tahun yang dihakimi massa di Mississippi pada 1955, setelah dituduh menyinggung seorang wanita kulit putih di toko grosir keluarganya. Kebrutalan pembunuhannya dan fakta bahwa para pembunuhnya dibebaskan mengundang perhatian dalam sejarah panjang penindasan Afrika Amerika di Amerika Serikat. Till secara anumerta menjadi ikon gerakan hak sipil.[1]

Till lahir dan dibesarkan di Chicago, Illinois. Selama liburan musim panas di bulan Agustus 1955, dia mengunjungi kerabat dekat di Money, Mississippi, Mississippi Delta. Dia berbicara dengan Carolyn Bryant yang berusia 21 tahun, pemilik toko kelontong kecil berkulit putih yang sudah menikah. Meskipun apa yang terjadi di toko masih diperdebatkan, Till dituduh menggoda, menyentuh, atau bersiul pada Bryant. Interaksi Till dengan Bryant, mungkin tanpa disadari, melanggar kode perilaku tidak tertulis untuk pria kulit hitam yang berinteraksi dengan wanita kulit putih di era Jim Crow. Beberapa malam setelah kejadian di toko, suami Bryant Roy dan saudara tirinya J.W. Milam, yang bersenjata, pergi ke rumah paman buyut Till dan menculiknya. Mereka membawanya pergi lalu memukuli dan memutilasinya sebelum menembak kepalanya dan menenggelamkan tubuhnya di Sungai Tallahatchie. Tiga hari kemudian, tubuh anak laki-laki yang dimutilasi dan membengkak itu ditemukan dan diambil dari sungai.

Jenazah Till dikembalikan ke Chicago, di mana ibunya mendesak agar upacara pemakaman umum dengan peti mati terbuka, yang diadakan di Gereja Roberts.[2] Kemudian dikatakan bahwa "Pemakaman peti mati terbuka yang diadakan oleh Mamie Till Bradley[note 1] mengekspos ke dunia tentang tubuh putranya Emmett Till yang membengkak dan dimutilasi. Keputusannya memusatkan perhatian tidak hanya pada rasisme di Amerika Serikat dan barbarisme hukuman mati tetapi juga keterbatasan dan kerentanan demokrasi di Amerika".[3] Puluhan ribu menghadiri pemakamannya atau sekedar melihat peti matinya yang terbuka, dan gambar tubuhnya yang dimutilasi diterbitkan di majalah juga surat kabar berorientasi kulit hitam, menggalang dukungan rakyat kulit hitam dan simpati kulit putih di seluruh Amerika Serikat. Hak asasi manusia di Mississippi, dengan surat kabar di seluruh Amerika mengkritik negara bagian tersebut. Meskipun surat kabar lokal dan petugas penegak hukum awalnya mencela kekerasan terhadap Till dan menyerukan keadilan, mereka menanggapi kritik nasional dengan membela warga Mississippi, untuk sementara memberikan dukungan kepada para pembunuh.

Pada bulan September 1955, juri kulit putih memutuskan Bryant dan Milam tidak bersalah atas pembunuhan Till. Dilindungi dari double jeopardy, kedua pria tersebut secara terbuka mengakuinya dalam sebuah wawancara tahun 1956 dengan majalah Look bahwa mereka telah menyiksa dan membunuh bocah itu, menjual cerita tentang bagaimana mereka melakukannya seharga $4.000.[4] Pembunuhan Till dipandang sebagai katalis untuk fase selanjutnya dari gerakan hak-hak sipil. Pada bulan Desember 1955, boikot bus Montgomery dimulai di Alabama dan berlangsung lebih dari setahun, yang pada akhirnya menghasilkan keputusan Mahkamah Agung Amerika Serikat bahwa peraturan bus mesti dipisahkan tidak konstitusional. Menurut sejarawan, peristiwa seputar hidup dan mati Till terus bergema. Komisi Peringatan Emmett Till didirikan pada awal abad ke-21. Gedung Pengadilan Sumner County dipulihkan dan mencakup Emmett Till Interpretive Center. Lima puluh satu situs di Delta Mississippi diabadikan karena terkait dengan Till. Emmett Till Antilynching Act, sebuah undang-undang Amerika yang menjadikan hukuman mati tanpa pengadilan sebagai kejahatan kebencian federal, ditandatangani menjadi undang-undang pada tanggal 29 Maret 2022 oleh Presiden Joe Biden.[5]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pada saat pembunuhan Emmett pada tahun 1955, ibu Emmett sering disebut dengan menggunakan nama suami keduanya, "Mamie Till Bradley". Pada tahun 1957, dia menikah dengan Gene Mobley dan kemudian dikenal sebagai Mamie Till Mobley.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Brown, DeNeen L. (July 12, 2018). "Emmett Till's mother opened his casket and sparked the civil rights movement". The Washington Post. Diakses tanggal February 26, 2020. 
  2. ^ Brandon, Elissaveta M. "Eleven historic places in America that desperately need saving". Smithsonian. Diakses tanggal October 20, 2020. 
  3. ^ White, Deborah Gray; Bay, Mia; Martin, Waldo E. Jr. (2013). Freedom on My Mind: A History of African Americans, with Documents. Boston: Bedford/St. Martin's. hlm. 637. ISBN 978-0-312-64884-8. 
  4. ^ "Getting Away with Murder | American Experience | PBS". www.pbs.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-04-09. 
  5. ^ McDaniel, Eric; Moore, Elena (2022-03-29). "Lynching is now a federal hate crime after a century of blocked efforts". NPR. Diakses tanggal 2022-03-29. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]