Elektroforesis kapiler

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Skema elektroforesis kapiler.

Elektroforesis kapiler adalah metode elektroforesis yang digunakan untuk memisahkan asam amino, protein, lipid, karbohidrat, dan nukleotida dengan resolusi tinggi yang dilakukan pada pipa kapiler berisi buffer.[1] Metode ini mulai digunakan secara luas pada akhir tahun 1940[2] untuk aplikasi dalam berbagai bidang seperti bioteknologi, kimia, lingkungan, dan analisis farmasi.[1] Elektroforesis kapiler menggunakan listrik bertegangan tinggi yang menyebabkan semua komponen ion atau molekul netral bergerak ke katode.[2] Deteksi dapat dilakukan dengan teknik pendeteksian spektrometri atau elektrokimia.[2] Teknik pemisahan ini dipengaruhi oleh tegangan listrik, koefisien difusi, panjang, dan diameter pipa kapiler, serta konsentrasi sampel.[2] Metode ini memiliki efisiensi dan selektivitas yang baik namun boros listrik karena menggunakan tegangan tinggi dan alatnya juga mahal.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c (Inggris) Li SFY. 1993. Capillary Electrophoresis: Principles, Practice and Applications. Elsevier. ISBN:9780444815903. Page 6.
  2. ^ a b c d (Inggris) Camilleri P. 1998. Capillary electrophoresis: theory and practice. Florida: CRC Press LLC. ISBN 084939127. Page 2.