Einstein (satuan)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Einstein adalah satuan ukur yang dipakai untuk radiasi cahaya dan fotokimia. Satu einstein sama dengan satu mol foton, yang mengandung semua komponen frequensi cahaya. Dalam hal ini, jumlah foton dalam satu satuan einstein merupakan bilangan Avogadro. Radiasi cahaya ini bisa dinyatakan dalam einstein per meter pesegi per detik, jika frequensi cahayanya diketahui, dan sumber cahayanya monokromatis. Jika frequensi optis cahayanya tidak diketahui maka satuan yang dipakai adalah daya per satuan luas.

Satuan ini dinamakan berdasarkan nama tokoh fisika terbesar abad 20, Albert Einstein, yang telah berhasil memperkenalkan prinsip efek fotoelektrik dan cahaya sebagai quanta/kuantum (foton) lewat paper ilmiahnya pada tahun 1905.

Satuan einstein ini sering dipakai dalam bidang studi/riset mengenai fotosintesis, untuk menyatakan kebutuhan jumlah cahaya dalam proses pembuatan oksigen yang memerlukan sejumlah foton aktif. Satu mol oksigen dibentuk akibat dari 9 einstein foton aktif secara fotosintesis.

Satuan lain yang lebih kecil disebut PAR (Photosynthetically Active Radiation) yang menyatakan 1 microeinstein per detik per meter pesegi ( 1 microeinstein = 1/juta einstein).