Edward Sapir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Edward Sapir
Edward Sapir.jpg
Lahir 26 Januari 1884
Lauenburg, Prussia (sekarang Lębork, Polandia)
Meninggal 4 Februari 1939 (umur 55)
New Haven, Connecticut
Kewarganegaraan Amerika
Bidang Linguistik, Antropologi
Institusi Universitas Chicago
Museum Peradaban Kanada
Universitas Columbia
Universitas Yale
Alma mater Columbia University
Tesis The Takelma language of southwestern Oregon (1909)
Pembimbing doktoral Franz Boas
Mahasiswa doktoral Li Fang-Kuei - Mary Haas - Morris Swadesh - Harry Hoijer - Stanley Newman
Dikenal karena Klasifikasi bahasa asli Amerika
Hipotesis Sapir-Whorf
Linguistik Antroplogis

Edward Sapir (/səˈpɪər/; 1884–1939) adalah seorang anthropologis-linguis dari Amerika, yang dikenal secara umum sebagai figur penting pada awal perkembangan linguistik.[1][2]

Sapir lahir di Jerman Pomerania; kedua orang tuanya beremigrasi menuju Amerika ketika ia masih kecil. Ia belajar linguistik Jerman di Columbia, di mana ia terpengaruh oleh Franz Boas untuk bekerja di bahasa asli Amerika. Sembari menyelesaikan studi doktornya, ia pergi ke California untuk bekerja dengan Alfred Kroeber mendokumentasikan bahasa asli di sana. Ia kemudian dipekerjakan oleh Survei Geologis Kanada selama lima belas tahun, tempat ia menjadi linguis yang paling signifikan di Amerika Utara, berdampingan dengan Leonard Bloomfield. Ia ditawarkan untuk studi profesor di Universitas Chicago, dan tinggal untuk beberapa tahun melanjutkan pekerjaannya menyusun prinsip linguistik. Di akhir hidupnya ia menjadi profesor antropologi di Yale. Murid-muridnya diantaranya adalah linguis Mary Haas dan Morris Swadesh, dan anthropologis seperti Fred Eggan Hortense Powdermaker.

Dengan latar belakang linguistiknya, Sapir menjadi salah satu mahasiswa Boas untuk mengembangkan paling benar-benar hubungan antara linguistik dan antropologi. Sapir mempelajari cara di mana bahasa dan pengaruh budaya masing-masing, dan ia tertarik pada hubungan antara perbedaan bahasa, dan perbedaan pandangan dunia budaya. Ini bagian dari pemikirannya dikembangkan oleh muridnya Benjamin Lee Whorf dalam prinsip relativitas linguistik atau hipotesis "Sapir-Whorf" . Dalam dunia antropologi Sapir dikenal sebagai pendukung awal pentingnya pengaruh psikologi terhadap antropologi, yang meyakini bahwa sifat hubungan antara individu yang berbeda merupakan hal yang penting untuk cara-cara di mana budaya dan masyarakat berkembang.[3]

Di antara kontribusi besarnya untuk linguistik adalah klasifikasinya bahasa Adat Amerika, yang ia uraikan selama sebagian besar kehidupan profesionalnya. Ia memainkan peran penting dalam mengembangkan konsep fonem modern, dan sangat memajukan pemahaman fonologi.

Sebelum Sapir itu umumnya dianggap tidak mungkin untuk menerapkan metode linguistik historis untuk bahasa pribumi karena mereka diyakini lebih primitif daripada bahasa Indo-Europa. Sapir adalah yang pertama untuk membuktikan bahwa metode linguistik komparatif sama-sama valid bila diterapkan pada bahasa pribumi. Dalam edisi 1929 dari Encyclopedia Britannica ia menerbitkan apa yang kemudian klasifikasi yang paling otoritatif dari bahasa asli Amerika, dan yang pertama berdasarkan bukti dari linguistik komparatif modern. Ia adalah yang pertama untuk menghasilkan bukti untuk klasifikasi Algic, Uto-Aztecan, dan bahasa Na-Dene. Ia mengusulkan beberapa keluarga bahasa yang tidak dianggap telah dibuktikan secara memadai, tetapi yang terus menghasilkan penyelidikan seperti Kuil Hokan dan Penutian.

Dia mengkhususkan diri dalam studi bahasa Athabascan, bahasa Chinookan, dan bahasa Uto-Aztecan, memproduksi deskripsi tata bahasa penting dari Takelma, Wishram, Southern Paiute. Kemudian dalam kariernya ia juga bekerja dengan Yiddish, Ibrani, dan Cina serta bahasa Jerman, dan ia juga diinvestasikan dalam pengembangan Auxiliary Bahasa Internasional.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Anak-anak dan remaja[sunting | sunting sumber]

Sapir lahir dari keluarga Ibrani Lithuanian di Lauenburg, Provinsi Pomerania di mana ayahnya, Jacob David Sapir, berkerja sebagai penyanyi. Keluarganya bukanlah penganut ortodoks, dan ayahnya menganut agama Yahudi melalui musik. Keluarga Sapir tidak menetap di Pomerania dan tidak pernah mengaku sebagai warga negara Jerman. Bahasa pertama Edward Sapir adalah Yiddish,[4] dan kemudian Inggris. Pada tahun 1888, di usianya yang keempat, keluarganya pindah ke Liverpool, Inggris, dan di tahun 1890 pindah ke Amerika Serikat, tepatnya di Richmond, Virginia. Di sini Edward Sapir kehilangan adiknya Max dikarenakan demam tifoid. Ayahnya mengalami krisis pekerjaan di sinagog dan akhirnya menetap di New York Lower East Side, di mana keluarganya hidup dalam kemiskinan. Sebagaimana sang ayah tidak bisa mencukupi kebutuhan keluarganya, ibu Sapir, Eva Seagal Sapir, membuka toko untuk memasok kebutuhan dasar keluarga. Mereka secara resmi bercerai pada tahun 1910. Setelah menetap di New York, Edward Sapir tinggal kebanyakan bersama ibunya, yang menekankan pentingnya pendidikan untuk mobilitas sosial, dan membawa keluarga ini semakin jauh dari Yudaisme. Meskipun Eva Sapir berpengaruh cukup penting, Sapir menerima rasa haus akan pengetahuan dan minat dalam beasiswa, estetika, dan musik dari ayahnya. Pada usianya ke-14 Sapir memenangkan beasiswa Pulitzer untuk sekolah bergengsi, SMA Horace Mann, tetapi ia memilih untuk tidak menghadiri sekolah yang ia anggap terlalu mewah, malahan masuk ke SMA DeWitt Clinton.[5] Ia menyimpan uang beasiswa untuk pendidikan perguruan tinggi. Melalui beasiswanya Sapir menambah penghasilan ibunya.[4]

Pendidikan di Columbia[sunting | sunting sumber]

Sapir memasuki Columbia di tahun 1901, masih mengusung beasiswa Pulitzer. Pada saat itu Columbia adalah satu-satunya universitas swasta elit yang tidak membatasi calon mahasiswa Yahudi dengan kuota sekitar 12%. Kurang lebih 40% dari mahasiswa yang masuk ke Columbia adalah Yahudi.[6] Sapir meraih sarjana pada tahun 1904 dan magister pada tahun 1905 di bidang filologi Jerman dari Columbia, sebelum memulai doktoratnya di bidang antropologi yang ia selesaikan pada tahun 1909.[7]

Publikasi terpilih[sunting | sunting sumber]

Buku[sunting | sunting sumber]

Essays and articles[sunting | sunting sumber]

Biografi[sunting | sunting sumber]

  • Koerner, E. F. K.; Koerner, Konrad (1985). Edward Sapir: Appraisals of his life and work. Amsterdam: John Benjamins. ISBN 978-90-272-4518-2. 
  • Cowan, William; Foster, Michael K.; Koerner, Konrad (1986). New perspectives in language, culture, and personality: Proceedings of the Edward Sapir Centenary Conference (Ottawa, 1–3 October 1984). Amsterdam: John Benjamins. ISBN 90-272-4522-3. 
  • Darnell, Regna (1989). Edward Sapir: linguist, anthropologist, humanist. Berkeley: University of California Press. ISBN 978-0-520-06678-6. 
  • Sapir, Edward; Bright, William (1992). Southern Paiute and Ute: linguistics and ethnography. Berlin: Walter de Gruyter. ISBN 978-3-11-013543-5. 
  • Sapir, Edward; Darnell, Regna; Irvine, Judith T.; Handler, Richard (1999). The collected works of Edward Sapir: culture. Berlin: Walter de Gruyter. ISBN 978-3-11-012639-6. 

Korespondensi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.britannica.com/EBchecked/topic/523671/Edward-Sapir
  2. ^ Sapir, Edward. (2005).
  3. ^ Moore, Jerry D. 2009.
  4. ^ a b Darnell 1990:1-4
  5. ^ Allyn, Bobby"DeWitt Clinton's Remarkable Alumni", The New York Times, July 21, 2009.
  6. ^ Darnell 1990:5
  7. ^ Darnell 1990:11-12, 14

Pranala luar[sunting | sunting sumber]