Edward Rydz-Śmigły

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Marsekal Edward Rydz-Śmigły [ˈɛdvard ˈrɨdz ˈɕmiɡwɨ] (11 Maret 1886 – 2 Desember 1941 ;nom de guerre Śmigły, Tarłowski, Adam Zawisza), juga disebut Edward Śmigły-Rydz, adalah seorang politikus Polandia Marsekal Polandia dan Panglima Angkatan Bersenjata Polandia, sebagai serta seorang pelukis dan penyair.

Edward Rydz-Śmigły
Edward Rydz-Śmigły Tahun 1937
JulukanAdam Zawisza, Tarłowski
Lahir11 Maret 1886
Berezhany, Austria-Hungaria
Meninggal2 Desember 1941
(umur 55)
Warsawa, Polandia
Pengabdian Austria-Hungaria
 Polandia
Dinas/cabangAngkatan Darat Austria-Hungaria
Angkatan Bersenjata Polandia
Lama dinas1914–1939
PangkatMarsekal
Perang/pertempuranPerang Dunia I
Perang Polandia-Ukraina
Perang Polandia-Soviet
Perang Dunia II
Tanda tangan

Selama periode antar perang, ia adalah tokoh masyarakat yang sangat dikagumi di Polandia dan dianggap sebagai pahlawan karena catatan teladannya sebagai komandan tentara di Legiun Polandia pada Perang Dunia I dan Perang Polandia-Soviet berikutnya pada tahun 1920. Ia diangkat menjadi Panglima Tertinggi dan Inspektur Jenderal Angkatan Bersenjata Polandia setelah kematian Marsekal Józef Piłsudski pada tahun 1935. Rydz bertugas dalam kapasitas ini pada awal Perang Dunia II selama invasi Polandia.

Ketika perang mulai terjadi, perbedaan politik menghilang dan pertahanan menjadi prioritas nasional. Akibatnya, status Rydz bahkan melebihi presiden. Kejutan atas kekalahan Polandia membuat evaluasi obyektif atas warisannya selama dan setelah perang menjadi sulit; reputasinya, yang sangat terkait dengan bulan-bulan kritis awal Perang Dunia II, masih bersifat tendensius dan kontroversial

Masa Muda[sunting | sunting sumber]

Rydz-Śmigły dengan Marsekal Józef Piłsudski selama Perang Polandia-Soviet, 1920

Edward Rydz lahir di kota Brzeżany (sekarang Berezhany di Ukraina barat), Galicia, Austria-Hongaria, dari orang tua Polandia. Ia adalah putra seorang bintara profesional di Angkatan Darat Austria-Hongaria, Tomasz Rydz, dan istrinya Maria Babiak. Rydz tumbuh dalam lingkungan yang sederhana dan menjadi yatim piatu pada usia 13 tahun. Ia kemudian dibesarkan oleh kakek nenek dari pihak ibu dan, setelah kematian mereka, oleh keluarga Dr. Uranowicz, dokter kota di Brzeżany. Setelah lulus dengan predikat istimewa di gimnasium setempat, Rydz pergi ke Kraków, di mana ia menyelesaikan studi filsafat dan sejarah seni di Universitas Jagiellonian. Dia kemudian belajar menjadi pelukis di Akademi Seni Rupa di Kraków dan kemudian di Wina dan Munich. Pada tahun 1910–1911, ia bersekolah di akademi perwira cadangan di Wina dan menerima pelatihan militer di Resimen Infantri ke-4 Austria yang terkenal, "Grand Master Ksatria Teutonik".

Rydz menyelesaikan pendidikan militernya dengan cemerlang, dan dia ditawari tugas di Angkatan Darat Kekaisaran, namun dia menolaknya. Pada tahun 1912, Rydz menjadi pendiri kelompok paramiliter Polandia, Asosiasi Penembak (Związek Strzelecki). Pada saat yang sama, ia menyelesaikan studi seninya. Ia dianggap sebagai bakat yang sangat menjanjikan dalam lukisan lanskap dan potret, dan sering dipuji oleh para profesor dan kritikusnya.

Direkrut menjadi Angkatan Darat Austria-Hongaria pada bulan Juli 1914, Rydz dipindahkan pada bulan Agustus ke Legiun Polandia dan bertempur dalam Perang Dunia I di Brigade 1 Józef Piłsudski Polandia yang terkenal. Dia mengambil bagian dalam berbagai pertempuran melawan Tentara Kekaisaran Rusia di wilayah Vistula Selatan dan naik pangkat dengan cepat. Pada tahun 1916, dia sudah menjadi kolonel penuh. Namun, dia tidak melupakan karya seninya dan memamerkan karyanya di sebuah galeri di Kraków pada waktu itu. Pada tahun 1917, setelah mereka menolak bersumpah kepada otoritas Austria dan Jerman, Legiun dibubarkan, tentara mereka diinternir dan pemimpin mereka Józef Piłsudski dipenjarakan di benteng Magdeburg. Dengan penunjukan Piłsudski, Rydz (yang dibebaskan dari penjara karena alasan kesehatan yang buruk) menjadi komandan Organisasi Militer Polandia (POW) dan mengadopsi nom de guerre Śmigły (Cepat atau Tangkas), yang kemudian secara resmi ditambahkan ke nama belakangnya.

Pada bulan Oktober 1918, Rydz memasuki pemerintahan sosialis yang terdiri dari politisi dan diplomat Ignacy Daszyński di Lublin sebagai Menteri Perang. Setelah dipromosikan menjadi brigadir jenderal, ia menggarisbawahi bahwa setelah menerima jabatan tersebut, ia akan dianggap sebagai wakil Piłsudski. Pada saat itulah dia mulai menggunakan nama Rydz-Śmigły. Pada 11 November 1918, pemerintah menyerahkan seluruh kekuasaan kepada Piłsudski, yang menjadi Kepala Negara Sementara. Setelah beberapa keraguan, Piłsudski (tidak senang dengan kerja sama Rydz-Śmigły dengan kaum sosialis, ia sendiri "telah meninggalkan trem Sosialisme di halte yang disebut Kemerdekaan") tetap mengukuhkannya sebagai brigadir jenderal tentara Polandia.

Kemenangan Militer[sunting | sunting sumber]

Selama Perang Polandia-Soviet tahun 1919–1921, Rydz memimpin tentara Polandia dalam beberapa serangan melawan Bolshevik. Di antara pertempuran yang menang, ia merebut kota Wilno (Vilnius) dan Dünaburg. Menyusul kemenangannya di lapangan, ia diangkat menjadi Panglima Angkatan Bersenjata Latvia dan segera membebaskan Latgale dari Tentara Merah. Selanjutnya, dia memusnahkan Tentara ke-12 Tentara Merah dan merebut Kiev. Setelah serangan balik Bolshevik memimpin Tentara Merah ke gerbang Warsawa, Rydz memimpin Front Pusat pasukan Polandia selama Pertempuran Warsawa tahun 1920, yang juga dikenal sebagai "Keajaiban di Vistula". Dalam pertempuran yang menentukan ini, Front Tengah Rydz-Śmigły bertahan teguh melawan serangan Soviet dan kemudian memblokir rute pelarian bagi Tentara ke-4 dan ke- 15 Bolshevik yang kalah, serta Korps Kavaleri ke-3 Jenderal Soviet Gayk Bzhishkyan, yang pada akhirnya mundur ke Prusia Timur akan diinternir oleh Jerman.

Referensi[sunting | sunting sumber]