ENTJ

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

ENTJ (Extroverted, iNtuition, Thinking, Judging) merupakan sebuah singkatan yang digunakan dalam publikasi Myers Briggs Type Indicator (MBTI) yang merujuk ke salah satu tipe kepribadian. Penilaian MBTI dikembangkan dari karya psikiater terkemuka Carl G. Jung dalam bukunya yang berjudul Jenis Psikologis. Jung mengusulkan tipologi psikologis berdasarkan teori fungsi kognitif yang ia kembangkan melalui pengamatan klinis.

Dari hasil kerja Jung, orang lain dapat mengembangkan tipologi psikologis. Penilaian kepribadian versi Jung meliputi penilaian MBTI, yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Cook Briggs, dan Keirsey Temperament Sorter yang dikembangkan lagi oleh David Keirsey. Keirsey menyebut ENTJ sebagai Fieldmarshal, salah satu dari empat jenis temperamen yang dia disebut sebagai Rasional. Menurut Center for Applications of Psychological Type, 2-5% dari populasi Amerika Serikat adalah ENTJ.

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

ENTJ dikenal strategis, logis, efisien, suka bergaul, ambisius, dan mandiri. Efektif dalam mengorganisasi orang dan membuat rencana jangka panjang.

Referensi[sunting | sunting sumber]