E&E Media Kreatif

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
E&E Media Kreatif
Didirikan24 Agustus 2013
PendiriSudaryanto
Kantor
pusat
Dusun Kebomati, Desa Brajan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Povinsi Jawa Tengah
Tokoh
kunci
Sudaryanto, CEO[1][2]

E&E Media Kreatif (disebut juga Studio E&E Media Kreatif) adalah pusat studi konten kreatif untuk guru dan siswa SMK vokasi kompetensi keahlian DKV, multimedia, dan animasi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

E&E Media Kreatif (dibaca E dan E Media Kreatif) didirikan pada 24 Agustus 2013. Pendirian lembaga ini dalam rangka ikut berkontribusi dalam peningkatan sumber daya manusia bidang industri kreatif, khususnya terkait bidang DKV, multimedia, dan animasi. Lembaga ini menjadi mitra lembaga pendidikan formal dan nonformal dalam meningkatkan kemampuan praktis para peserta didiknya. Konsep desain komunikasi visual yang dilatihkan di E & E Media Kreatif diarahkan ke aspek sosial budaya, khususnya aspek sosial budaya di lingkungan masyarakat Desa Brajan dan JatengDIY pada umumnya.[3]

Para peserta didik dilatih untuk dapat menangkap fenomena budaya dan mengintegrasikannya dalam karya desain atau media komunikasi yang dirancang. Dengan dasar tersebut, para lulusan diproyeksikan dapat memiliki kemampuan hingga dapat menerapkannya di lingkungan kerjanya sendiri dengan latar belakang budaya atau tuntutan aspek sosial budaya yang disesuaikan dengan pekerjaan yang dijalaninya. Selain fokus kepada pengetahuan dan keterampilan teknis, E & E Media Kreatif memiliki kepedulian terhadap karakter para peserta didik yang dianggap penting dalam perjalanan karier.[3] Di lingkungan sosial, tim E&E Media Kreatif melibatkan diri dalam berbagai program kemasyarakatan di Desa Brajan. Kegiatan yang dilakukan meliputi pentas seni, pembuatan film, jelajah desa, kirab gerobak sapi, dan sebagainya. Di antara karya tim E & E Media Kreatif bersama masyarakat Desa Brajan adalah film Tuyul Milenial, Geni, Plintengan, Si Anom Pejuang Jempol,[4] dan Panji Anom.

Pola pendidikan yang diterapkan oleh E&E Media Kreatif adalah asah, asih, asuh. Pola yang diadobdsi dari kearifan masyarakat Jawa dan Sunda ini diterapkan dalam bentuk merangsang kemampuan serta menggali bakat siswa (asah), memunculkan ikatan batin antara mentor dengan siswa (asih), dan membimbing siswa dalam mencari soluasi terkait berbagai permasalahan komunikasi digital (asuh).[butuh rujukan]

Pendiri[sunting | sunting sumber]

E&E Media Kreatif didirikan oleh Sudaryanto,[4][1][2] desainer dan mantan manajer desain komunikasi visual beberapa perusahaan penerbitan di Indonesia. Dalam penyelenggaraannya, Sudaryanto juga berperan sebagai CEO di lembaga ini.

Mentor[sunting | sunting sumber]

Mentor E & E Media Kreatif berasal dari kalangan praktisi dalam bidang desain komunikasi visual, multimedia, dan penulisan. Selain praktisi, sebagian mentor juga berprofesi sebagai akademisi di lembaga diklat milik pemerintah dan/atau di perguruan tinggi.

Hasil produksi[sunting | sunting sumber]

  • Tuyul Milenial
  • Geni
  • Plintengan
  • Si Anom Pejuang Jempol[4]
  • Panji Anom

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Prospek Kerja di Dunia Grafika Terbuka Lebar". Joglosemar.co. 11 April 2014. Diakses tanggal 8 Agustus 2015. [pranala nonaktif permanen]
  2. ^ a b "Bincang Kreatif Prospek dan Potensi di Dunia Grafika". Dkv.isi-ska.ac.id. 16 April 2014. Diakses tanggal 8 Agustus 2015. 
  3. ^ a b Tim E&E Media Kreatif. 2015. Profil E&E Media Kreatif. Tidak Terbit.
  4. ^ a b c "Pemuda Putar Film Amatir Karya Anak Kampung Sendiri". Republika Online. 28 Oktober 2013. Diakses tanggal 8 Agustus 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]