Dzhokhar Dudayev

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Dzhokhar Musayevich Dudayev
Дудин Муса-кIант Жовхар
Presiden Republik Chechnya Ichkeria ke-1
Masa jabatan
9 November 1991 – 21 April 1996
Wakil Presiden Zelimkhan Yandarbiyev
Digantikan oleh Zelimkhan Yandarbiyev
Informasi pribadi
Lahir 15 Februari 1944
Yalkhori, Chechnya
Meninggal 21 April 1996 (umur 52)
Gekhi-Chu, Chechnya
Kebangsaan Chechnya
Partai politik PKUS (1968), Pan Kongres Nasional Rakyat Chechnya (1990)
Suami/istri Alla Dudayeva
Anak 2
Profesi Militer
Agama Islam

Dzhokhar Musayevich Dudayev (bahasa Chechnya: Dudin Musa-khant Dʒouxar / Дудин Муса-кIант Жовхар; bahasa Rusia: Джохар Мусаевич Дудаев; 15 Februari 1944 - April 21 , 1996) adalah seorang Marsekal Udara Soviet, pemimpin Chechnya yang pertama dan presiden Republik Chechnya Ichkeria, sebuah negara yang memisahkan diri di Kaukasus Utara. Ia adalah seorang pemimpin Perang Chechnya Pertama.

Perang Chechnya Pertama[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 1 Desember 1994, Rusia memulai penyerangan bandara Grozny dan menghancurkan Angkatan Udara Chechnya. Menanggapi hal itu Ichkeria menyatakan perang terhadap Rusia dan Dudayev memobilisasi angkatan bersenjata. Pada tanggal 11 Desember 1994, lima hari setelah Dudayev dan Menteri Pertahanan Rusia Pavel Grachev sepakat untuk masing-masing pihak menghindari penggunaan kekuatan lebih lanjut, pasukan Rusia menyerbu Chechnya dan sebuah berita keliru melaporkan bahwa satu dari dua putra Dudayev tewas dalam aksi pada awal perang. Namun keduanya sesungguhnya diketahui masih hidup pada 2009.[1]

Sebelum Grozny jatuh, Dudayev meninggalkan istana presiden. Ia pindah ke selatan bersama para pasukan dan terus memimpin perang sepanjang 1995, dilaporkan dari rudal silo dekat dengan ibukota bersejarah Chechnya Vedeno. Ia tetap bersikeras bahwa pasukannya akan menang setelah perang konvensional selesai, dan pejuang gerilyawan Chechnya terus beroperasi di seluruh negeri dari unit Rusia dan demoralisasi tentara mereka. Sebuah jihad dideklarasikan pada Rusia oleh Dudayev yang ditunjuk Mufti dari Ichkeria, Akhmad Kadyrov, dan relawan asing mulai mengalir ke republik ini, sebagian besar dari negara tetangga Kaukasia Utara republik Muslim seperti Dagestan.

Kematian dan warisan[sunting | sunting sumber]

Dudayev tewas pada tanggal 21 April 1996, oleh dua rudal dipandu laser ketika ia menggunakan telepon satelit, setelah lokasi-nya terdeteksi oleh pesawat pengintai Rusia. Peralatan telepon homing dipasok ke Moskow oleh USA. Pada saat itu Dudayev dilaporkan berbicara dengan seorang liberal wakil Duma di Moskow, Konstantin Borovoy. Pesawat tambahan dikirim (sebuah Su-24MR dan Su-25) untuk mencari Dudayev. Rincian tepat dari operasi ini tidak pernah dirilis oleh pemerintah Rusia. Rusia melakukan pengintaian dengan pesawat di daerah tersebut setelah pemantauan satelit komunikasi untuk beberapa waktu mencoba untuk mencocokkan tanda tangan suara Dudayev untuk sampel yang ada pidatonya. Ada klaim Dudayev tewas oleh kombinasi serangan roket dan ranjau. Dia berumur 52 tahun ketika meninggal.[2]

Kematian Dudayev diumumkan di televisi oleh Shamil Basayev, komandan gerilya Chechnya [3] Dudayev digantikan oleh Wakil Presidennya Zelimkhan Yandarbiyev (sebagai Presiden) ​​dan kemudian, setelah pemilu 1997, Kepala Staf Angkatan Bersenjata populer pada masa perang, Aslan Maskhadov.

Dzhokhar Dudayev meninggalkan seorang istri, Alla, dan putra mereka, Tegi dan Avlur.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
Deklarasi Republik
Presiden Republik Chechnya Ichkeria
1991–1996
Diteruskan oleh:
Zelimkhan Yandarbiyev