Duwet Krajan, Tumpang, Malang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Duwet Krajan
—  Desa  —
PROFIL DESA 2011
Peta lokasi Desa Duwet Krajan
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Timur
Kabupaten Malang
Kecamatan Tumpang
Kodepos 65156
Luas -628.243 Ha.
Jumlah penduduk 4.735 Jiwa, 1255 kk

Duwet Krajan adalah desa di kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia.

Tempat wisata[sunting | sunting sumber]

Air terjun Sumberpitu[sunting | sunting sumber]

Desa Duwet Krajan terletak paling selatan wilayah Kecamatan Tumpang dan juga Desa paling timur karena sebelah timur berbatasan dengan TNBTS. Desa duwet krajan banyak sekali sumber mata air, salah satunya sumber yang terbesar yaitu SUMBER PITU ,Mata air sumber Pitu sangat unik karena mata air ini terletak di tebing dan air yang keluar dari tanah langsung keluar sebagai air terjun yang jumlahnya sangat banyak. dimungkinkan bahwa sumber pitu merupakan sungai dibawah tanah mengingat banyaknya sumber dan debit air yang keluar dari tebing . masyarakat setempat percaya bahwa sumber Pitu masih ada hubunganya dengan gunung bromo.Air terjun sumber Pitu ini sering digunakan masyarakat luar Desa sebagai tempat ritual mereka punya kepercayaan bahwa air yang langsung keluar dari tanah dan menyembur merupakan air Suci. banyak orang datang yang membawa botol air minum mineral dan diisi dibawa pulang kadang langsung diminum. debit air Terjun sumber Pitu pernah diukur Dinas pengairan 1200 L / Detik. untuk sampai di tempat ini bisa naik mikrolet dari Tumpang jurusan Gubuk Klakah dan kemudian turun di Pertigaan Weringin Anom ( Balai Desa ) disitu akan terpampang sepanduk dan gambar air terjun Sumber Pitu. dari pertigaan menuju Air terjun sekitar 3 Km.

APEL DUWET KRAJAN[sunting | sunting sumber]

Duwet Krajan merupakan penghasil buah khas Malang terbesar di Kecamatan tumpang yaitu Apel Manalagi, ketinggian wilayah antara 800 s/d 1050 Dpl. ternyata sangat cocok dengen pertumbuhan buah jenis apel. Menurut ketua kelompok tani Mulyo 3, Prayitno Adi jumlah petani apel ada 112 Orang dan lahan yang ditanami apel kurang lebih 120 Ha. dari luas tersbut ditanami 95.000 pohon apel. Setiap kali panen (pretes / rempes ) rata-rata menghasilkan 229 Ton bahkan ketiga hasil baik bisa lebih. saat ini kelompok Tani Mulyo 3 sedang mendapat bimbingan Sekolah Lapangan (SL) yang tujuanya khusus penanganan paska panen dari Dinas Pertanian Provinsi. Kelompok tani Mulyo 3 kedudukannya berada di Desa Duwet Krajan Dusun Tosari.

---WISATA AGRO MADUSARI ---( Manunggale Duwet Tosari )

  wisata Agro Desa Duwet Krajan akan dibuka pada tanggal 16 Juni 2013 yang akan dilakukan Bpk Bupati Malang Rendra Krisna.wisata ini didukung luasan lahan yang disediakan untuk wisatawan berkisar 109 Ha. 

Karcis masuk hanya Rp.15.000, ( makan Sepuasnya ) - dan petik apel per Kg. 10.000,- ( Boleh dibawa Pulang ).Pengelola Wisata Agro Ds. Duwet Krajan di kelola oleh Kelompok Tani, yang terdiri dari tiga Kelompok, Mulyo 1 ( Dusun. Duwet Swaru ), Mulyo 2 ( Dusun. Krajan ) dan Mulyo 3 ( Dusun Tosari ).