Lompat ke isi

Shams al-Muluk Duqaq

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Abu Nasr Shams al-Muluk Duqaq (meninggal 8 Juni 1104[1]) adalah penguasa Seljuk di Damaskus dari tahun 1095 hingga 1104.

Kekuasaan[sunting | sunting sumber]

Duqaq adalah putra penguasa Seljuk di Suriah, Tutush I, dan Safwat al-Mulk Khatun. Dia adalah saudara laki-laki Ridwan. Ketika ayah mereka meninggal pada tahun 1095, Ridwan mengklaim Suriah untuk dirinya sendiri, dan Duqaq awalnya mewarisi wilayah di Jezirah dan tinggal bersama saudaranya di Aleppo. Namun, ia segera memberontak dan menguasai Damaskus, membuat Suriah hampir mengalami anarki dan perang saudara. Duqaq mendapat dukungan dari Yaghi-Siyan dari Antiokhia, yang tidak berselisih dengan Ridwan tetapi tidak menyukai atabeg Janah ad-Dawla-nya; bergabung dengan Yaghi-Siyan dan Duqaq adalah Ilghazi, gubernur Yerusalem. Ridwan bersekutu dengan saudara laki-laki Ilghazi, Sökmen dari Artukids.[2]

Ridwan menyerang Yaghi-Siyan, dan ketika Duqaq dan Ilghazi datang membantunya, Ridwan pun mengepung Damaskus. Namun, Ridwan segera bertengkar dengan Janah ad-Dawla, yang merebut Homs darinya, dan dengan keluarnya atabegnya dari aliansi, Yaghi-Siyan lebih bersedia membantunya. Aliansi baru ini dikukuhkan dengan pernikahan antara Ridwan dan putri Yaghi-Siyan. Keduanya hendak menyerang Shaizar ketika mereka mendengar kedatangan Perang Salib Pertama; semua aliansi dibubarkan dan semua orang kembali ke kotanya masing-masing, meskipun jika salah satu aliansi tetap utuh, atau mereka semua bekerja sama, kemungkinan besar mereka akan mampu mencegah keberhasilan perang salib.

Selama musim dingin tahun 1097–1098, selama pengepungan Antiokhia oleh Tentara Salib, Yaghi-Siyan dan putranya Syams ad-Dawla mencari bantuan dari Duqaq. Pada tanggal 30 Desember 1097, bala bantuan dari Duqaq dikalahkan oleh rombongan pencari makan Bohemond I dari Antiokhia, dan Duqaq mundur ke Homs. Duqaq kemudian bergabung dengan Kerbogha dari Mosul untuk menyerang tentara salib setelah mereka menduduki Antiokhia pada bulan Juni 1098, tetapi selama pertempuran tersebut, barisan Duqaq sepi dan Kerbogha dikalahkan. Saat diduduki di Suriah, harta benda Duqaq di Jezirah disita oleh beberapa pengikut pemberontak; pada tahun 1099 ia merebut kembali Diyarbakir.

Pertempuran Nahr al-Kalb (1100)

Pada tahun 1100, Duqaq menyergap Baudouin I dari Edessa di Nahr al-Kalb, di luar Beirut, saat Baudouin I sedang dalam perjalanan ke Yerusalem untuk menggantikan saudaranya Godefroy dari Bouillon sebagai raja. Pasukan Baudouin berhasil mempertahankan celah sempit dan pasukan Duqaq tidak mampu menerobos. Baudouin menang dan melanjutkan perjalanan ke Yerusalem.

Pada tahun 1103, Duqaq merebut Homs ketika Janah ad-Dawla, mantan atabeg Ridwan, dibunuh. Duqaq jatuh sakit pada tahun 1104, dan atas nasihat ibunya, mengangkat atabeg Toghtekin miliknya sendiri sebagai atabeg untuk putranya yang masih kecil, Tutush II. Duqaq meninggal pada tanggal 8 Juni tahun itu. Toghtegin segera menggulingkan dinasti Duqaq untuk mendirikan dinasti Buriyah, yang akan memerintah Damaskus selama setengah abad berikutnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Richards, D.S. (2010). The Chronicle of Ibn al-Athir for the Crusading Period from al-Kamil fi'l-Ta'rikh. Part 3. Crusade Texts in Translation. Ashgate. hlm. 80. ISBN 978-0-7546-6952-4. 
  2. ^ El-Azhari, Taef. (2006). "Duqaq (d. 1104)". In The Crusades – An Encyclopedia. pp. 367-368.