Dubăsari

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dubăsari
Bahasa Rusia: Дубэсарь
Bahasa Bulgaria: Дъбъсари
Bahasa Yunani: Ντουμπάι
Perguruan Tinggi Seni Liberal
Perguruan Tinggi Seni Liberal
Bendera Dubăsari
Lambang resmi Dubăsari
Negara Transnistria de facto
 Moldova de jure
Populasi
 (2004)
 • Total28.500
Zona waktuUTC+2 (Waktu Eropa Timur )
Situs webwww.dubossary.ru

Dubăsari (bahasa Rusia: Дубэсарь; bahasa Ukraina: Дубасари) adalah sebuah kota yang terletak di Transnistria dengan jumlah penduduk sebesar 23.650. Kota ini berada dibawah pemerintahan Transnistria yang memisahkan diri dari Moldova.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Dubăsari adalah salah satu permukiman tertua di Moldova. Artefak zaman batu telah ditemukan di tempat ini, dan terdapat beberapa kurgan (mungkin peninggalan bangsa Scythia) di sekitar kota ini. Kota Dubăsari modern pertama kali disebut pada abad ke-16, sebagai tempat yang dihuni oleh petani Moldavia. Permukiman ini menjadi bagian dari Kekaisaran Rusia pada tahun 1792 dan mendapat status kota pada tahun 1795.

Dari tahun 1924 hingga 1940, Dubăsari merupakan bagian dari Republik Sosialis Soviet Otonom Moldavia. Kota ini diindustralisasi besar-besaran pada periode sebelum Perang Dunia II. Selama Perang Dunia II, pada tahun 1940, saat Bessarabia diduduki oleh Uni Soviet, kota ini menjadi bagian dari Republik Sosialis Soviet Moldova. Pada 27 Juni 1941, kota ini diduduki oleh tentara Jerman dan Rumania. Kota ini direbut kembali oleh tentara Soviet pada musim panas tahun 1944.

Pada tahun 1951 hingga 1954, bendungan Dubăsari dan pembangkit listrik hidroelektrik 48 MW Dubossarskaya GES dibangun.

Dubăsari dan wilayah sekitarnya menjadi tempat berkecamuknya Perang Transnistria pada tahun 1992. Semenjak itu, kota ini dikuasai oleh pemerintahan Transnistria.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]