Dresin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dresin yang dapat dikayuh oleh dua orang

Dresin adalah sebuah kendaraan yang berjalan di rel berukuran kecil yang umumnya dikendarai oleh awak perkeretaapian atau pengguna jalur. Kendaraan ini bertujuan untuk mengangkut awak atau material yang diperlukan untuk inspeksi maupun perawatan prasarana perkeretaapian. Kendaraan ini juga dipakai sebagai tujuan wisata di beberapa tempat.

Dresin bertenaga motor diesel di Stasiun Cipatat

Istilah dresin diturunkan dari penemunya, yakni Baron Karl Drais yang berasal dari Jerman. Ia membuat kendaraan Laufmaschine (bahasa Jerman untuk "mesin pelari") pada 1817 yang kemudian disebut sebagai Draisine di Jerman (vélocipède atau draisienne di Prancis) oleh media. Kendaraan tersebut merupakan dipercayai sebagai pendahulu sepeda yang dikenal selama ini.[1] Pada kemudian hari, istilah dresin hanya digunakan pada penemuan yang berjalan di rel dan kendaraan-kendaraan sejenis, meskipun tidak ditenagai manusia. Karena ukuran dan beratnya yang kecil, kendaraan ini dapat diangkat dari rel sehingga tidak mengganggu lalu lintas kereta.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "From Draisienne to Dandyhorse". Canada Science and Technology Museum. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 February 2012. Diakses tanggal 16 August 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Media terkait Draisines di Wikimedia Commons