Dragon Ball: Episode of Bardock

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Cover Episode of Bardock

Dragon Ball: Episode of Bardock (ドラゴンボール:エピソードオブバーダック Doragon Bōru: Episōdo obu Bādakku?) adalah seri manga ketiga yang di tulis dan diilustrasikan oleh Naho Oishi, berdasarkan pada Dragon Ballnya Akira Toriyama. Ini adalah sebuah sekuel spin-off dari TV spesial tahun 1990 Dragon Ball Z: A Lonesome, Final Battle - The Father of Z Warrior Son Goku, who Challenged Freeza atau di kenal juga dengan Dragon Ball Z: Bardock - The Father of Goku. Diceritakan setelah kekalahannya melawan Frieza, ia masih bertahan hidup dari kehancuran planet tempat tinggalnya dan kemusnahan seluruh bangsanya, dan telah di kirim ke masa lalu ke sebuah planet aneh di mana ia harus bertarung melawan leluhur Frieza, Chilled. Manganya telah di serialisasikan di V Jump dalam 3 bab antara 21 Juni dan 21 Agustus 2011. Manganya pun diadaptasikan ke dalam sebuah film anime pendek oleh Toei Animation yang perdana tayang pada 17 Desember 2011 pada acara Jump Festa 2012. Filmnya dirilis secara internasional pada Oktober 2012 sebagai sebuah sub judul tambahan pada Xbox 360 video game Dragon Ball Z: For Kinect.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Cerita dimulai dengan adegan terakhir TV spesialnya dulu, di mana Bardock bertarung melawan Frieza dalam upaya untuk menyelamatkan planet Vegeta tempat tinggalnya. Dia kalah, saat Frieza menghancurkan planetnya, membunuh semua orang Saiya - kelihatannya termasuk Bardock. Bagaimanapun juga, dia selamat dari ledakan dan terbangun di sebuah rumah pedesaan kecil. Sebuah makhluk berwarna ungu masuk ke ruangan tersebut dan memperkenalkan dirinya sendiri sebagai Ipana. Dia juga memberitahu Bardock kalau dia ada di planet Plant, yang mana adalah -saat ingatan Bardock masih bingung - nama lama dari planet Vegeta. Tiba-tiba desa di serang oleh antek-antek dari pembajak Chilled, yang dengan mudah dapat dikalahkan Bardock, membuatnya mendapatkan rasa terima kasih dari penduduk desa. Dia menolak rasa terima kasih mereka dan mengatakan bahwa dia tidak peduli jika mereka itu hidup atau mati dan terbang menjauh ke sebuah gua terdekat untuk bersembunyi. Anak tabib Ipana, Berry datang dan memberinya makanan. Awalnya ia meneriakinya untuk pergi menjauh, tetapi kemudian mereka membentuk-agaknya- sebuah persahabatan ketika Berry tetap selalu membawakannya makanan. Setelah beberapa lama Chilled datang untuk mengetahui apa yang terjadi pada antek-anteknya. Orang-orang memberitahukannya bahwa seorang pria bernama Bardock telah menyelamatkan mereka. Berry melihat ini dan cepat-cepat lari ke tempat Bardock, memberitahunya bahwa ada orang-orang yang sedang mencarinya. Setelah para penduduk gagal menemukan Bardoc, Chilled dan antek-anteknya mulai menyerang mereka dan menghancurkan desa. Pada mulanya, Bardock menolak untuk menolong mereka, tetapi setelah Berry memohon padanya, dia terbang ke desa dan menyelamatkan 'Ipana, yang sudah akan di bunuh oleh Chilled. Oleh karena sebuah kemiripan, Bardock awalnya salah sangka mengira Chilled adalah Frieza dan menyerangnya dengan penuh amarah, tetapi Chilled terlihat memiliki kemampuan yang lebih tinggi. Bagaimanapun juga, setelah Chilled menembakan sebuah serangan pada Berry untuk mengingatkannya untuk tidak ikut campur, Barrdock menjadi marah dan berubah menjadi Super Saiya. Chilled tertawa dan berkata bahwa perubahan rambutnya jadi pirang tidak berarti apapun dan menyerang Bardock dengan bola energinya yang tidak berpengaruh sama sekali pada Bardock. Dia bertanya siapa dia sebenarnya, yang mana Bardock menjawab bahwa dia hanya orang Saiya. Chilled meluncurkan sebuah serangan putus asa terakhirnya dengan tujuan menghancurkan planet itu, tetapi serangan Bardock menundukan itu dan mengirim Chilled yang mendapat luka fatal ke luar angkasa. Chilled yang sekarat memberitahu antek-anteknya agar memperingatkan keluarganya tentang Super Saiya.

Adaptasi anime[sunting | sunting sumber]

The Episode of Bardock telah diberikan adaptasi animenya sebagai bagian dari proyek Dragon Ball SSS. OVAnya memilki sebuah advanced screening pada Jump Festa 2012 (17 dan 18 Desember 2011) di Jepang, dan versi streammingnya hanya tersedia online sampai 28 Desember 2011. Adaptasinya muncul pada sebuah DVD bonus yang datang pada maret 2012 dengan isu dari Saikyo Jump. DVD ini juga berisi Dragon Ball: Plan to Eradicate the Super Saiyans. Film berdurasi sekitar 20 menit ini juga datang sebagai sebuah bonus di video game 2010 Dragon Ball Z For Kinect.

Perbedaan dari manganya[sunting | sunting sumber]

Ada sedikit perbedaan antara adaptasi anime dan manga Episode of Bardock:

  • Di OVA ini, Zarbon dan Dodoria ada di luar kapal ketika Bardock menghadapi Frieza. Di TV spesial, mereka ada di dalam kapal.
  • Ketika Bardock meluncurkan serangan terakhirnya melawan Frieza di anime, pakaiannya utuh tetapi ketika dia menerima serangan, pakaiannya rusak. Di manga, pakainnya utuh setiap saat.
  • Dalam kilas balik Dragon Ball Z, [[Bardock: the Father of Goku|Bardock - The Father of Goku]] dan anime Episode of Bardock, supernova Frieza menghantam Bardock dan kemudian menabrak planet Vegeta. Di manga Episode of Bardock, serangannya tidak menghantam Bardock dan malahan hanya menghantam planet Vegeta.
  • Adegan pendek dengan Berry ditambahkan: satu-satunya orang yang memberi obat-obatan untuk Bardock pada ayahnya, satu-satunya orang yang bersembunyi di bawah selimut, dan satu-satunya yang di beri roti oleh Bardock ketika ia memutuskan untuk berteman dengan Berry.
  • Prajurit Chilled menggunakan meriam lengan difilmnya sementara di manga tidak.
  • Bardock membunuh Toobi dan 'Cabira dengan teknik yang berbeda dari yang ia gunakan di manga.
  • Sesepuh desa 'Ipana tidak ditampilkan di adaptasi animenya.
  • 'Ipana mencoba menolong Bardock ketika Chilled melangkah kearahnya di film, jadi Chilled menyerangnya dengan ekornya.
  • Di film, Chilled mati di kapal luar angkasa miliknya setelah bertarung melawan Super Saiya Bardoc. Di manga, tidak diketahui apakah ia mati atau pingsan.
  • Di akhir manga asli, setelah Chilled dikalahkan, Berry dan ayanhnya lari ke arah Bardock dalam kegembiraan, banyak penduduk desa berkumpul karena gembira dan Bardock terakhir kali terlihat tersenyum. Di akhir filmnya, Berry bangun dalam pangkuan ayahnya setelah di pukul pingsan dan terkejut pada apa yang terjadi pada Bardock. Ayanhya mencari ke arah kanan dan saat Berry melihat ke arah itu, dia bangun dan melihatnya, matanya menangis saat melihat Bardock berjalan ke arah matahari terbenam. Ketika manganya dicetak ulang, dua halaman tambahan ditambahkan pada akhir bab ke tiga untuk menyamakan dengan akhir OVAnya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

  1. Bardock

Ayah dari Son Goku dan Raditz, yang di kira sudah terbunuh oleh Frieza. Dia disuarakan oleh Masako Nozawa.

  1. Berry

Anak dari tabib desa Ipana, yang menyembuhkan Bardock. Dia disuarakan oleh Houko Kuwashima.

  1. Ipana

Tabib desa, yang menyembuhkan Bardock. Dia disuarakan oleh Masashi Ebara.

  1. Chilled

Dia adalah leluhur Frieza dan pembajak luar angkasa. Dia disuarakan Ryuseo Nakao. Toriyama yang membuat desain Chilled.

Penempatan Garis Waktu[sunting | sunting sumber]

Anime Episode of Bardock ditunjukan sebagai sebuah sekuel untuk [[Bardock: The Father of Goku|Dragon Ball Z: Bardock - The Father of Goku]]. Sebagai bagian pembuka dari film, Frieza menghancurkan planet Vegeta dengan supernovanya dan Bardock mencoba menghentikannya. Bardock kemudian terlempar ke masa lalu, sebelum bangsa Saiya tiba di planet Vegeta dan selebihnya adalah cerita Bardock di waktu itu. Sejak Bardock menjadi Super Saiya dan perubahan Goku menjadi Super Saiya di planet Namek dikatakan menjadi kemunculan pertama dari Super Saiya dalam seribu tahun, kejadiannya mengambil tempat setelah Bardock di kirim ke masa lalu harus mengambil tempat setidaknya 1000 tahun sebelum pertarungan di planet Namek.

Trivia[sunting | sunting sumber]

  • Ini adalah satu-satunya manga/anime yang tidak menampilkan Goku, walaupun dia tampil di poster dan disebutkan pada awal episode oleh narrator.
  • Dalam salah satu poster promosi, ekor Bardock sebagai Super Saiya berubah warna tetapi di OVA, ekornya masih dalam warna yang sama.

Lihat Pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Dragonball.wikia