Lompat ke isi

Dr Shindy Putri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

dr. Shindy Kurnia Putri Sastromartodjo, S.Ked. yang biasa dikenal dengan nama dokter Shindy Putri atau Dokshin (lahir 28 April 1992) adalah seorang dokter, selebritas internet, entrepreneur, content creator, dan host kebangsaan Indonesia. Sebagai selebritas internet, ia kerap membagikan konten-konten menarik yang diunggah pada akun Instagram pribadinya yang memiliki 3.9 juta pengikut. Selain itu, ia juga kerap membagikan konten-konten menarik dan edukasi seputar kesehatan dan kecantikan pada laman TikTok dan YouTube pribadinya.

Kemudian dr Shindy juga mulai melebarkan sayapnya di dunia entertainment dengan menjadi host pada program reality show TV “Sahabat Cantik” bersama adik kandungnya Ria Ricis dan kakak kandungnya Oki Setiana Dewi. Selain itu, ia juga dikenal sebagai entrepreneur dengan memiliki brand kecantikannya sendiri yaitu Reglow Skincare.

Kehidupan Awal & Pendidikan

[sunting | sunting sumber]

dr. Shindy Putri dilahirkan di kota Batam, Kepulauan Riau pada tanggal 28 April 1992. Ia merupakan putri kedua dari pasangan Sulyanto, S.T. dan Yunifah Lismawati. Ia menghabiskan masa kecil dan remajanya di kota Batam dengan mengenyam pendidikan sekolah dasar di SD Kartini 1 Batam, SMPN 3 Batam, dan SMAN 4 Batam. Ia melanjutkan pendidikannya di bangku perkuliahan dengan menjadi mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta.

Sedari kecil, dr. Shindy sudah aktif mendalami bidang kesenian. Ia sempat tergabung dalam grup band yang bernama "Ghost Buster" dan "Bumblebee" yang Ia bentuk bersama teman-temannya semasa sekolah. Kesukaannya di bidang seni, Ia terapkan dengan mengikuti perlombaan di bidang musik di tingkat wilayah hingga provinsi.

Selain itu, dr. Shindy juga aktif dalam mengikuti berbagai organisasi dan ekstrakulikuler semasa sekolah seperti English Club, menjadi anggota OSIS, hingga karate. Disamping itu, dr. Shindy juga mahir memainkan alat musik, yaitu piano. Ia salurkan bakat bermain piano tersebut dengan membuka kursus piano untuk anak-anak ketika SMA.

Untuk meningkatkan kepercayaan diri dan melatih public speakingnya, dr. Shindy pernah menjadi penyiar radio Sheila 104,3 FM di Batam. Ia juga pernah menjadi salah satu finalis Gadis Sampul pada 2007 saat dirinya masih duduk di bangku SMP dan kerap menjadi MC dalam berbagai acara di Batam.

Di masa perkuliahannya, Ia aktif mengikuti organisasi sebagai anggota kepengurusan KABEKA Avicenna yang kerap terjun ke berbagai lokasi publik untuk melakukan pemeriksaan kesehatan gratis dan program sosial lainnya.

Setelah lulus menyandang gelar sebagai Sarjana Kedokteran, dr. Shindy menjalankan program profesinya (Koas) di Rumah Sakit Tentara Magelang selama 2 tahun sambil memberikan edukasi seputar kesehatan di sosial media. Pada 2021 Ia memulai melanjutkan program S2 Magister of Hospital Administration di Universitas Esa Unggul.

Kehidupan Pribadi

[sunting | sunting sumber]

dr. Shindy Putri menikah dengan Arief Rahman seorang dokter umum asal Pekanbaru, Riau pada tahun 2017 melalui proses taaruf. Keduanya bertemu dan mengenal ketika sedang menempuh pendidikan di universitas yang sama. Hingga kini keduanya telah dikaruniai seorang putra bernama Yusuf Habibi Abdullah yang lahir pada 26 Juli 2018.

dr. Shindy Putri memulai karirnya di dunia kedokteran, Ia bertugas di lembaga kesehatan sebagai dokter Internship/magang di Kepulauan Anambas (sebuah kabupaten dari Kepulauan Riau) dari tahun 2017-2018. Ia memilih Kepulauan Anambas sebagai tempat mengabdi lantaran lokasinya yang terpencil dan kurangnya akses fasilitas kesehatan yang lengkap, membuat dirinya memilih lokasi tersebut agar dapat berinteraksi langsung dengan pasien. Namun, selain Kepulauan Anambas ia juga berkesempatan untuk bertugas di Rumah Sakit Persahabatan Jakarta dan RSUD Gatot Subroto.

Banyaknya permasalahan kulit yang dialami pasien akibat skincare bermerkuri, menjadi awal bagi dirinya terjun ke sosial media untuk mengedukasi masyarakat seputar kesehatan. Hal tersebut juga membuat dirinya mendalami dunia kosmetik dan perawatan kulit dengan mengikuti berbagai seminar atau pelatihan di bidang tersebut.

Kemudian, pada tahun 2021 Ia mendirikan brand skincarenya sendiri yang bernama Reglow Skincare. Ia semakin dikenal sebagai dokter influencer yang memiliki banyak pengikut di sosial media, sehingga membuat dirinya kerap terlibat sebagai pembicara dan bintang tamu baik untuk acara TV maupun seminar. Selain membuat konten di sosial media, dr. Shindy juga mengisi waktu luangnya menulis buku “Oshichis” yang rilis di tahun 2021.

Ia juga mengeluarkan beberapa single diantaranya  “Hijab I’m In Love” ft Oki Setiana Dewi dan “Takdir Terindah.” Ia pernah membintangi film layar lebar yang berjudul “Sisterlillah The Movie” pada tahun 2021 dan pernah eksis menjadi host atau pembawa acara “Sahabat Cantik” di Trans TV.