Dr. Strangelove or: How I Learned to Stop Worrying and Love the Bomb

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Dr. Strangelove
Drstrangelove1sheet-.jpg
Film poster asli dirancang oleh Tomi Ungerer
Sutradara Stanley Kubrick
Produser Stanley Kubrick
Penulis Skenario:
Stanley Kubrick
Peter George
Terry Southern
Novel:
Peter George
Lain-lain:
Peter Sellers
James B. Harris
Pemeran Peter Sellers
George C. Scott
Sterling Hayden
Keenan Wynn
Slim Pickens
Peter Bull
James Earl Jones
Tracy Reed
Musik Laurie Johnson
Sinematografi Gilbert Taylor, BSC
Distributor Columbia Pictures
Tanggal rilis 29 Januari 1964
Durasi 94 menit
Negara Inggris
Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran US$1.800.000

Dr. Strangelove : Or How I Learned To Stop Worrying And Love The Bomb atau biasa disingkat menjadi Dr. Strangelove adalah film bergenre komedi hitam tahun 1964 yang disutradarai oleh Stanley Kubrick dan diperankan oleh : Peter Sellers, George C. Scott, Sterling Hayden, Slim Pickens dan lainnya.

Ceritanya menginggung mulainya Perang Dingin antara Rusia dan Amerika Serikat. Film ini menceritakan seorang Komando Angkatan Udara USAF (Sterling Hayden) yang secara sengaja menyuruh pasukannya untuk menyerang teritori Rusia tanpa alasan yang legits. Presiden dan anggota militer lainnya mencoba untuk menghentikan serangan tersebut, agar tidak terjadi sebuah perang nuklir.

Dr. Strangelove terkenal dengan tiga karakter yang dimainkan oleh satu orang, yaitu Peter Sellers. Film ini merupakan salah satu film komedi terbaik sepanjang masa. Dr. Strangelove mendapatkan gelar film komedi ke-3 terbaik sepanjang masa. Pada tahun 1989, United States Film Registry memasukkan film ini sebagai film yang bersejarah.

Plot[sunting | sunting sumber]

Brigadier Jendral Jack D. Ripper (Sterling Hayden) adalah seorang komandan yang sudah kehilangan pikirannya dan menyuruh pasukannya untuk menyerang wilayah Rusia dengan senjata nuklir. Alasan yang dia berikan adalah Rusia telah, secara sengaja, mencemari air minum di Amerika Serikat dengan Fluoride, yang ia percayai telah membuat dirinya impoten.

Ripper menyuruh seluruh tentaranya dengan bomber B-52 untuk melewati point dimana mereka menunggu untuk perintah dari pusat, sehingga pasukannya pergi tanpa konfirmasi dari presiden. Pasukan-pasukannya percaya bahwa Rusia sedang menyerang Amerika Serikat. Sementara itu, seorang Kapten dari angkatan udara Inggris Royal Air Force, Capt. Lionel Mandrake (Peter Sellers), meyakinkan bahwa Rusia tidak bermaksud penyerangan apa-apa terhadap Amerika.

Dalam Ruang Situasi di Pentagon, Jendral Angkatan Udara Buck Turgidson (George C. Scott) menjelaskan Presiden Merkin Muffley (dimainkan oleh Peter Sellers juga) dengan situasi yang terjadi saat itu. Turgidson mengajak presiden untuk meluncurkan serangan yang lebih banyak supaya Amerika Serikat dapat menghancurkan 90% senajata nuklir Rusia sebelum mereka gunakan. Presiden menolak dan mengajak Duta Besar Rusia datang ke Ruang Situasi untuk menghubungi Perdana Mentri Rusia, Dmitri Kissoff.

Setelah mendengar berita itu, Duta Besar Rusia kaget dan memberitahukan bahwa Rusia memiliki Mesin Kiamat yang dapat membunuh semua makhluk hidup ketika digunakan dan tidak bisa dihentikan ketika sudah di picu (picu mesin ini adalah serangan dari negara lain).

Presiden Amerika Serikat memanggil Dr. Strangelove (Peter Sellers) (nama aslinya adalah Dr. Merkwürdigliebe) bekas anggota Nazi yang mempunyai penampilan seperti ilmuwan gila yang memiliki Alien Hand Syndrome dan menggunakan kursi roda. Dr. Strangelove mencerminkan kejahatan yang cacat dan dikontrol oleh orang lain.

Presiden Merkin Muffley kemudian menyuruh tentaranya untuk membunuh Brigjen Jack D. Ripper. Usaha tersebut gagal ketika Ripper menyuruh pasukan udaranya yang tersisa di markas untuk membunuh semua pasukan yang mendekati markas dengan alasan mereka adalah orang Rusia yang sedang menyamar. Setelah melihat banyak tentara dan angkatan udara yang meninggal, Ripper melakukan bunuh diri di kamar mandi dan meninggalkan Kapten Lionel Mandrake sendirian di markas.

Perdana Menteri Rusia memberitakan bahwa hampir semua pesawat pengebom Amerika Serikat telah dihentikan atau dirusak, kecuali satu. pesawat tersebut memiliki pilot yang dapat menerbangkan pesawat di bawah radar Rusia sehingga tidak dapat di deteksi dan di hubungi. Pilot pesawat tersebut adalah Major "King" Kong (Slim Pickens). pesawat tersebut kekurangan bahan bakar sehingga tidak dapat sampai ke targetnya. Pilot pesawat akhirnya mengeluarkan bom tersebut dan Major King Kong secara tidak sengaja terpaksa ikut bom dan meledak bersamanya.

Pada saat yang sama, Duta Besar Rusia mulai mengambil gambar dari strategi Amerika Serikat dengan kamera yang terlihat seperti jam agar Rusia mengerti apa serangan yang akan diberikan. Dalam scene terakhir, Dr. Strangelove lompat dari kursi rodanya dan berteriak, "Mein Führer, I can walk!" Adegan terakhir dipenuhi dengan gambar-gambar bom atom meledak yang diiringi lagu "We'll Meet Again" yang dinyanyikan Vera Lynn, sebuah lagu tentang Perang Dunia ke-2.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]