Dongzhimen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Dongzhimen tahun 1908.
Bangunan penting di Dongzhimen sekarang adalah gedung markas besar China National Petroleum Corporation / PetroChina.

Dongzhimen (Hanzi sederhana: 东直门; Hanzi tradisional: 東直門; Pinyin: Dōngzhímén; harfiah "Gerbang Lurus Timur") adalah gerbang di tembok kota tua Beijing. Sekarang menjadi pusat komersial yang dinamis dan salah satu simpul utama transportasi di Beijing.[1]

Jalan Hantu[sunting | sunting sumber]

Bagian barat Dongzhimen disebut Guijie (簋街, wadah makanan) atau Jalan Dongzhimen Dalam. Aksara Han 簋 (guǐ) bermakna keranjang bambu bermulut bulat sebagai tempat makanan. Aksara 簋 dilafalkan sama dengan 鬼 (guǐ) yang berarti hantu, sehingga beberapa orang menyebut kawasan ini "Jalan Hantu", yang membentang lebih dari satu kilometer dan 90% dari toko-toko komersial yang ada di jalan ini adalah restoran atau toko yang menjual makanan.

Kawasan terdekat[sunting | sunting sumber]

Di bagian timur Dongzhimen adalah Jalan Dongzhimen Luar yang terhubung dengan Kawasan Diplomatik Beijing Utara dan akhirnya menuju ke Jalan lingkar ke 3 serta Gedung Pameran Pertanian Nasional.

Sekitar 1,5 km dari Dongzhimen terdapat kawasan Sanlitun (三里屯) yang banyak terdapat bar dan restoran yang sering dikunjungi oleh komunitas ekspatriat karena terletak di jantung Kawasan Diplomatik Beijing Utara.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Latimer D. (2014) The Improbable Beijing Guidebook, Sinomaps, Beijing, ISBN 978-7-5031-8451-2, p.69