Donat kentang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Donat kentang
Spudnuts sampler.jpg
Contoh donat kentang dari salah satu gerai Spudnuts di Charlottesville, Virginia, Amerika Serikat
Nama lainSpudnut
Tempat asalAmerika Serikat
Bahan utamaKentang

Donat kentang, kadang-kadang disebut Spudnut, adalah donat, biasanya manis, yang dibuat dengan kentang tumbuk atau tepung kentang bukan dari tepung terigu, bahan paling umum yang digunakan untuk adonan donat. Namun saat ini terdapat variasi dalam pembuatan bahannya, yakni menggunakan kentang yang dikukus kemudian dicampur bersama adonan donat dari tepung terigu. Donat kentang diperkenalkan pada pertengahan 1900-an, dan sebuah resep diterbitkan pada tahun 1938. Donat kentang cenderung lebih ringan dari donat tepung, dan dibuat dengan metode yang sama dengan donat lainnya. Pada tahun 1950-an, ratusan toko-toko Spudnut didirikan di Amerika Serikat sebelum menurun hingga hanya beberapa lusin saja baru-baru ini. Selain itu, donat dari adonan uwi juga dimakan di kawasan Asia Timur.[butuh rujukan] Seperti halnya donat biasa, donat kentang juga sering dimakan bersama kopi.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Donat kentang pertama muncul di pertengahan 1900-an. Resepnya pertama kali diterbitkan pada tahun 1938 di Buku Masak Glenna Snow.[1] Sejumlah waralaba toko Spudnut didirikan dan tersebar di lebih dari 500 lokasi di Amerika Serikat sebelum menipis menjadi sekitar 50 pada pertengahan 2000-an.[2][3] Perusahaan induknya akhirnya dinyatakan pailit,[4] tetapi sejumlah toko-toko mandiri tetap beroperasi.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Donat kentang berbagi banyak bahan yang sama seperti yang donat normal, tapi semua atau sebagian besar dari tepung diganti dengan kentang tumbuk[5] atau tepung kentang.[6]

Donat kentang cenderung ringan, berupa variasi donat yang terasa berbulu[7] dan biasanya ditaburi dengan berbagai hiasan atau topping seperti donat lainnya. Donat kentang dapat digoreng dalam lemak babi untuk membuat berbagai jenis Fasnacht.[8]

Persiapan[sunting | sunting sumber]

Donat kentang dibuat dengan mencampur campuran instan atau kentang tumbuk yang sudah disiapkan dalam mangkuk dengan telur dan bahan-bahan lain, mulai dari baking powder hingga dan sedikit tepung. Adonan ini kemudian dibentuk dan didinginkan sebelum dimasak.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Akron Beacon Journal (2002).
  2. ^ Nichols (2006).
  3. ^ Laurel D'Agenais. "Donut Paradise: The Ultimate Deep-Fried Treat". Travel Channel. Diakses tanggal 2011-01-28. 
  4. ^ Smith (2007)
  5. ^ Jardine (1966), 15A.
  6. ^ Szabo (2004).
  7. ^ St. Petersburg Times (1959), 14-D.
  8. ^ Riely (2003), 107.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]