Domenico Calcagno

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Domenico Calcagno
Presiden Administrasi Patrimoni Tahta Apostolik
Penunjukan7 Juli 2011
PendahuluAttilio Nicora
Jabatan lainKardinal-Deakon Annunciazione della Beata Vergine Maria a Via Ardeatina
Imamat
Tahbisan imam
29 Juni 1967
oleh Giuseppe Siri
Tahbisan uskup
9 Maret 2002
oleh Dionigi Tettamanzi
Pelantikan kardinal
18 Februari 2012
oleh Benediktus XVI
PeringkatKardinal-Deakon
Informasi pribadi
Nama lahirDomenico Calcagno
Lahir03 Februari 1943 (umur 81)
Tramontana, Italia
DenominasiKatolik Roma
Jabatan sebelumnya
  • Uskup Savona-Noli (2002–2007)
  • Sekretaris Administrasi Patrimoni Tahta Apostolik (2007–2011)
LambangLambang Domenico Calcagno

Domenico Calcagno (lahir 3 Februari 1943) adalah presiden Administrasi Patrimoni Tahta Apostolik semenjak ia dilantik oleh Paus Benediktus XVI pada 7 Juli 2011. Ia sebelumnya menjabat sebagai sekretaris dikasteri sejak 2007.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Calcagno lahir di Tramontana (Keuskupan Genoa, provinsi Alessandria) pada 1943. Setelah belajar seni rupa di seminari diokesan, ia masuk Universitas Kepausan Gregorian di Roma, meraih gelar teologi dogmatik. Ia ditahbiskan menjadi imam dalam Perayaan Santo Petrus dan Paulus pada 29 Juni 1967 oleh Kardinal Giuseppe Siri.

Setelah beberapa tahun pelayanan paroki, ia dilantik menjadi profesor Teologi di Fakultas Teologi Italia Utara dan, kemudian, di Perguruan Tinggi Studi Keagamaan Liguria. Ia menjabat sebagai presiden lembaga rohaniwan diokesan dan merupakan vikal episkopal bagi "kegiatan baru". Di tingkat nasional, ia memegang jabatan yang meliputi: Sekretaris Komisi Imam Italia, Inspektur Konferensi Waligereja Italia bagi Lembaga Ilmu Agama, Direktur Kerjasama Misionaris Nasional antar Gereja, dan, sekarang, Bendahara Konferensi Waligereja.

Paus Yohanes Paulus II mengangkatnya menjadi uskup Savona-Noli pada 25 Januari 2002.[1] Ia dikonsekrasikan pada 9 Maret. Ia menjabat sebagai Uskup Savona sampai Paus Benediktus melantiknya menjadi Sekretaris Administrasi Patrimoni Tahta Suci dan uskup agung ad personam pada 7 Juli 2007. Pada 7 Juli 2011, ia menjadi presidennya.[2]

Pada 6 Januari 2012, ia diumumkan akan diangkat menjadi kardinal pada 18 Februari bersma adengan 21 orang lainnya. Ia diangkat dan diproklamasikan menjadi Kardinal-Deakon yang ditempatkan di gereja Annunciazione della Beata Vergine Maria a Via Ardeatina.

Ia merupakan salah satu kardinal elektor yang ikut dalam konklaf kepausan 2013 yang memilih Paus Fransiskus.

Referensi[sunting | sunting sumber]