Dolores Hart

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Dolores Hart
Dolores Hart 1959.JPG
Hart pada tahun 1959
LahirDolores Hicks
20 Oktober 1938 (umur 81)
Chicago, Illinois, A.S.
Tempat tinggalBethlehem, Connecticut
KebangsaanAmerika
Nama lainRev. Mother Dolores Hart, O.S.B.
PendidikanSekolah Katolik St. Gregory
AlmamaterKolese Marymount
Tahun aktif1963–sekarang (relijius)
1947–63 (aktris)
Kota asalChicago, Illinois
Situs webEar of the heart, Ignatious 

Rev. Mother Dolores Hart (kelahiran 20 Oktober 1938) merupakan seorang suster Katolik Roma Amerika dan mantan aktris. Selama lima tahun, aktris suster Dolores Hart berhasil merampungkan 10 judul film. Dia bermain dengan aktor-aktor pria papan atas Hollywood yang hingga kini seakan masih menjadi ikon penting tentang sosok pria ganteng pada era tahun 1960-an.

Lawan main Dolores Hart dalam 10-an film layar lebar itu adalah Stephen Boyd, Montgomery Clift, George Hamilton, Robert Wagner, dan Elvis Presley. Bahkan bersama Elvis Presley ini pula, debutnya sebagai aktris baru di panggung Hollywood terurai dengan lancar melalui film berjudul Loving You yang diproduksi pada tahun 1957.[1][2]

Pada awal 1960an seorang pemain utama yang sudah mapan, dia mengejutkan Hollywod dengan mengumumkan bahwa dia akan meninggalkan kehidupan sebagai seorang aktris, meninggalkan karirnya untuk memasuki the Abbey of Regina Laudis Monastery in Connecticut, dimana dia melayani komunistas monastik.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Dia lahir dengan nama Dolores Hicks di Chicago, Illinois, AS pada tanggal 20 Oktober 1938. Ayahnya adalah seorang aktor Hollywood dengan nama Bert Hicks. Ibunya bernama Harriett Hicks. Orangtuanya menikah pada usia sangat muda, yakni umur 16-17 tahun. Namun kemudian perkawinan ibunya dengan Bert kandas di tengah jalan dan berakhir dengan perceraian. Dia berkata, "Sebagai seorng anak, saya dewasa sebelum waktunya. Orang tua saya menikah ketika mereka 16 dan 17 dan mereka berdua orang-orang yang baik. Moss Hart menawari ibuku, Harriett, sebuah kontrak tetapi pada saat itu orang tua saya mempunyai saya dan ayah saya, Bert Hicks, agak bermain-main, jelasnya tipe Clark Gable, mempunyai tawaran film makan dia oundah dari Chicago ke Hollywood. Saya adalah anak nakal Hollywood. Dia tinggal di Beverly Hills dan dulu saya sering sekali mengunjungi dia. Dia sedikit seperti Forever Amber. Saya selalu ingin menjadi bagian kehidupan itu."


Hicks juga berhungan keluarga melalui pernikahan, melalui seorang bibinya, dengan seorang penyanyi Mario Lanza. Dia tinggal di Chicago dengan kakek neneknya, yang mengirim dia sekolah paroki, St. Gregory Catholic School, bukan untuk edukasi beragama tapi itu yang paling dekat dengan rumah dan dia berkata, "Kakek nenek saya tidak mau saya ketabrak mobil." Itu sebetulnya kakeknya, seorang proyektor theater yang dia selalu berpalingkan mencari ketenangan ketika orang tuanya ada masalah perkawinan, yang enthusiasinya untuk film mempengaruhi keputusannya untuk mengejar karir akting. She menonton film, tapi tanpa suara supaya tidak mengganggu tidur kecilnya di stan, dan kerjanya adalah membangunkan dia pada akhir kumparan.

Hicks konversi ke agama Katholik ketika dia 10 tahun. Pada umur 11, dia tinggal di Beverly Hills dengan ibunya, seorang penyambut di restaurant, yang menikan dengan pemilik Al Gordon. Setelah SMA, dia kuliah di Marymount College. Menggunakan nama panggung "Dolores Hart" di tahun 1956 dia menandatangi kontrak untuk memainkan peran pendukung sebagai minat cinta kepada Elvis Presley dalam rilis 1957 Loving You. Setelah penampilan ini, Hart mendapati dirinya sering diminta, dan dia membuat dua film lagi sebelum muncul dengan Presley lagi di King Creole tahun 1958. Dia membantah pernah memiliki hubungan 'intim' dengan Presley di luar layar. Dalam wawancara selama karier filmnya, dia sering ditanya, "Seperti apa rasanya mencium Elvis?" Dia sedikit terkekeh pada ingatannya, "Saya pikir batas untuk ciuman layar saat itu kira-kira 15 detik. Yang sudah bertahan 40 tahun." Hart kemudian melakukan debutnya di Broadway, memenangkan 1959 Theatre World Award serta nominasi Tony Award untuk Aktris Pilihan Terbaik untuk perannya dalam The Pleasure of His Company.

Film terbaik
Tahun Judul Peran
1957 Loving You Susan Jessup
Wild Is the Wind Angie
1958 Lonelyhearts Justy Sargent
King Creole Nellie
1960 The Plunderers Ellie Walters
Where the Boys Are Merritt Andrews
1961 Francis of Assisi Clare
Sail a Crooked Ship Elinor Harrison
1962 The Inspector Lisa Held
1963 Come Fly with Me Donna Stuart
Televisi
Tahun Seri Episode Peran
1957 Alfred Hitchcock Presents "Silent Witness" Claudia Powell
1963 The Virginian "The Mountain of the Sun" Cathy Maywood

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Rizzo, Frank (2008-10-24). "Nun using film fame for abbey". The Columbus Dispatch. The Hartford Courant. Diakses tanggal 2009-01-09. 
  2. ^ (Inggris) Dolores Hart di Internet Movie Database

Pranala luar[sunting | sunting sumber]