Dolok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dolok
Sphyraena flavicauda
Juveniles schooling, Dahab
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoPerciformes
FamiliSphyraenidae
GenusSphyraena
SpesiesSphyraena flavicauda
Rüppell, 1838
Tata nama
Sinonim takson
  • Sphyraena langsar (Rüppell, 1838)
  • Sphyraenella flavicauda Bleeker, 1855[1]

Dolok ( Sphyraena flavicauda ) adalah spesies ikan barakuda berukuran kecil yang dapat ditemukan di lautan Indo-Pasifik Barat . Ia juga menginvasi Mediterania melalui Terusan Suez dari Laut Merah, menjadikannya salah satu migran Lessepsian .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Dolok mempunyai tubuh memanjang dengan dua sirip punggung yang terpisah dengan baik. Sirip punggung anterior mempunyai lima duri dengan duri pertama yang terpanjang. Asal sirip punggung kedua terletak sedikit di depan sirip dubur . Sirip perut terletak di bawah ujung sirip dada, yang terletak di depan pangkal sirip punggung anterior.

Kepala besar agak pipih ke arah belakang dan mempunyai mata besar, moncong runcing dan rahang panjang, dengan rahang bawah prognatik . Pada rahang atas bagian depan terdapat beberapa gigi mirip taring, kemudian 4-5 gigi runcing yang membentuk satu baris pada palatina diikuti satu baris gigi kecil pada premaxilla . Rahang bawah mempunyai satu gigi taring besar di puncaknya diikuti dengan deretan gigi tajam kecil di setiap sisi rahang.

Dolok berwarna abu-abu di bagian punggung dengan pola bagian bawah berwarna putih, meskipun kadang-kadang bagian panggulnya menunjukkan warna kuning. Ekornya berwarna kuning dengan pinggiran hitam.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Synonyms of Sphyraena flavicauda Rüppell, 1838". Fishbase.org. Diakses tanggal 16 January 2017.