Dnsmasq

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
dnsmasq
Tipeserver software
Versi pertama2001; 23 tahun lalu (2001)
Versi stabil
2.90 (13 Februari 2024)
GenreDNS server
LisensiGNU General Public License Version 2 or 3[1]
Karakteristik teknis
Sistem operasiUnix-like
Bahasa pemrogramanC
Informasi pengembang
PengembangSimon Kelley
Informasi tambahan
Situs webthekelleys.org.uk/dnsmasq/doc.html Sunting ini di Wikidata
Free Software DirectoryDnsmasq
Sunting di Wikidata Sunting di Wikidata • Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


Dnsmasq menyediakan infrastruktur jaringan untuk jaringan kecil yang mencakup: Sistem Nama Domain (DNS), Protokol Konfigurasi Host Dinamis (DHCP), router blokir iklan, dan layanan boot jaringan. Dnsmasq dirancang agar ringan dan memiliki ukuran kecil, cocok untuk router dan firewall dengan sumber daya terbatas, misal perangkat Internet of Things[4]. Contoh penerapannya misal digunakan pada fitur tethering smartphone dan hotspot portabel juga untuk mendukung jaringan virtual dalam virtualisasi.

Platform yang didukung termasuk Linux (dengan glibc dan uclibc), Android[5], *BSD, dan Mac OS X. Dnsmasq disertakan di sebagian besar distribusi Linux[6][7] dan sistem port FreeBSD, OpenBSD, dan NetBSD. Dnsmasq menyediakan dukungan IPv6 penuh.

Subsistem DNS menyediakan server DNS lokal untuk jaringan, dengan penerusan semua jenis kueri ke server DNS rekursif upstream dan penyimpanan cache jenis catatan umum (A, AAAA, CNAME, dan PTR, juga DNSKEY dan DS saat DNSSEC diaktifkan).


Detail[sunting | sunting sumber]

dnsmasq adalah perangkat DNS-forwarder yang ringan dan mudah dikonfigurasi, dirancang untuk menyediakan layanan DNS (dan juga bisa melayani DHCP dan TFTP) ke jaringan skala kecil. Namun ruang lingkup layanan hanya dapat melayani nama mesin lokal yang tidak ada di DNS global.

Selain itu dnsmasq mendukung layanan DHCP statis dan dinamis melayani beberapa subnet jaringan dan rentang alamat IP. Server DHCP yang terintegrasi dengan server DNS memungkinkan mesin lokal dengan alamat yang dialokasikan DHCP muncul di DNS. dnsmasq menyimpan catatan DNS, mengurangi beban pada nameserver global sehingga mengurangi waktu akses dan juga dapat dikonfigurasi untuk mengambil alamat dari server global secara otomatis.

dnsmasq menerima dan menjawab permintaan DNS dari cache lokal dan/atau meneruskannya ke server DNS rekursif global. Dengan memuat konten '/etc/hosts', nama host lokal yang tidak muncul di DNS global dapat diselesaikan. Ini juga berarti bahwa catatan yang ditambahkan ke file /etc/hosts lokal Anda dengan format "0.0.0.0 menjengkelkan.com" dapat digunakan untuk mencegah referensi ke "menjengkelkan.com" diselesaikan oleh browser Anda. Dengan konfigurasi ini administrator dapat dengan cepat mengembangkan pemblokir iklan lokal bila digabungkan dengan penyedia daftar situs adblocking. Jika dilakukan di router, seseorang dapat menghapus konten iklan secara efisien untuk seluruh jaringan lokal.

dnsmasq mendukung standar internet yang berlaku global seperti IPv6 dan DNSSEC, booting jaringan dengan dukungan untuk BOOTP, PXE dan TFTP dan juga skrip Lua .

Beberapa penyedia layanan internet menulis ulang respons NXDOMAIN (domain tidak ada) dari server DNS seperti 'mercusuar.uzone.id', yang memaksa browser web ke halaman tertentu atau halaman pencarian setiap kali pengguna mencoba menjelajah ke domain yang tidak ada. dnsmasq dapat memfilter catatan NXDOMAIN "palsu" ini, sehingga mencegah perilaku yang mungkin bagi beberapa administrator tidak diinginkan.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Dnsmasq - network services for small networks". Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 May 2011. Diakses tanggal 19 November 2014. 
  2. ^ Kelley, Simon (4 December 2022). "Announce: dnsmasq-2.88". https://lists.thekelleys.org.uk/pipermail/dnsmasq-discuss/2022q4/016767.html. Diakses pada 5 December 2022. 
  3. ^ "Dnsmasq". Open Hub. Black Duck Software. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 November 2014. Diakses tanggal 19 November 2014. 
  4. ^ Thomson, Iain (2 October 2017). "Dnsmasq and the seven flaws: Patch these nasty remote-control holes". The Register. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 October 2017. Diakses tanggal 5 October 2017. 
  5. ^ Goodin, Dan (3 October 2017). "Code-execution flaws threaten users of routers, Linux, and other OSes". Ars Technica. Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 October 2017. Diakses tanggal 5 October 2017. 
  6. ^ "dnsmasq". Arch Linux Wiki. Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 September 2014. Diakses tanggal 19 November 2014. 
  7. ^ "dnsmasq". Debian Wiki. Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 November 2014. Diakses tanggal 19 November 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]