Diyor Imamkhojaev

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Diyor Imamkhodjaev
LahirИмамходжаев Диёр Аброрович
22 September 1989 (umur 34)
Tashkent, Uzbekistan
PekerjaanKomentator sepak bola, jurnalis, blogger, spesialis sepak bola
Tahun aktif2005–sekarang
Situs webpfl.uz/ru/pfl/staff

Diyor Imamkhodjaev (bahasa Uzbek: Diyor Imomxoʻjayev / Диёр Имомхўжаев; lahir 22 September 1989 di Tashkent) adalah spesialis sepak bola, jurnalis, blogger, dan komentator sepak bola. Pada 28 Mei 2020, dia menjadi direktur jenderal Liga Sepak Bola Profesional Uzbekistan.[1][2][3]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Pada 1996-2005, Diyor Imamkhojaev belajar di sekolah No. 320 di Tashkent. Dari 2007 hingga 2011 ia belajar untuk gelar sarjana dalam jurnalisme internasional di Universitas Bahasa Dunia Uzbekistan. Pada tahun 2018, ia mulai bekerja di Liga Sepak Bola Profesional Uzbekistan sebagai penasihat direktur umum, pada tahun yang sama ia masuk ke departemen sepak bola Universitas Negeri Uzbekistan Budaya Fisik dan Olahraga untuk spesialisasi kedua. Pada tahun 2021 ia lulus dari universitas ini sebagai spesialis sepak bola.

Minat jurnalisme[sunting | sunting sumber]

Ayahnya, Abror Imamkhodzhaev (putra tertua Akhbor Imamkhodzhaev, saudara laki-laki komentator olahraga Zafar Imamkhodzhaev), bekerja untuk Perusahaan Televisi dan Radio Nasional Uzbekistan selama bertahun-tahun, dan pada tahun 2000 mengepalai studio olahraga yang baru dibuka di saluran TV Yoshlar. Bersama Abror Imamkhojaev, komentator sepak bola terkenal Khairulla Khamidov bekerja di studio. Acaranya "Football+" dan program "European Football Week", yang ditulis oleh komentator terkenal Rusia Georgy Cherdantsev, yang menjadi sumber acara ini, menjadi pendorong besar minat Diyor Imamkhodzhaev pada jurnalisme sepakbola. Juga, dari tahun 2001 hingga 2002, spesialis seperti Abror Imamkhojaev, Khairulla Khamidov, Avaz Berdykulov bekerja sama di koran Futbol. Penggemar sepak bola muda membaca koran tanpa melewatkan satu masalah pun. Karena itu, ia memiliki dua idola jurnalisme sepak bola: Khairulla Khamidov dan Avaz Berdykulov. Pada tahun 2005, Diyor Imamkhojaev tidak dapat memasuki sekolah akademik Universitas Ekonomi dan Diplomasi Dunia dan mulai bekerja sebagai teknisi suara di stasiun radio Navruz. Saat ini, Khairulla Khamidov adalah penulis program keagamaan dan pendidikan di radio, dan juga menerbitkan surat kabar Odamlar Oracida, bersama dengan Avaz Berdykulov dan Ikrom Ulugbaev. Artikel pertama Diyor Imamkhojaev muncul dalam edisi ini berkat Khairulla Khamidov. Hingga 2010, uff.uz memainkan peran penting dalam sepak bola Uzbekistan. Belakangan, situs ini menjadi basis kegiatan publikasi seperti "Champion", "Stadion". Dalam publikasi ini, Diyor Imamkhodzhaev bertemu dengan master keahlian mereka seperti Shukhrat Shakirjonov, Kakhramon Aslanov, Mukhrim Azamkhodjaev, Khushnud Khudoyberdiev.

Aktivitas profesional[sunting | sunting sumber]

Diyor sebagai teknisi suara di Radio Navruz pada tahun 2007 telah mengudara sejak tahun 2008. Akhbor Imamkhojaev memberikan cucunya siaran langsung dari "Persimpangan Sepak Bola". Selain liputan sepak bola selama satu jam setiap hari Minggu, ia kemudian menyiarkan berita olahraga dua kali sehari. Secara paralel, ia melanjutkan studinya di Fakultas Jurnalisme Internasional. Pada tahun 2011, Diyor Imamkhojaev terlibat langsung dalam pembuatan publikasi populer kun.uz. Lima mahasiswa Universitas Bahasa Dunia mendirikan publikasi "Kun" di bawah kepemimpinan Mukhrim Azamkhodzhaev (pemimpin redaksi "Daryo"). Pada tahun yang sama, sekretaris pers Asosiasi Sepak Bola Uzbekistan Sanzhar Rizaev (pakar Konfederasi Sepak Bola Asia) mengundang Mukhrim Azamkhojaev dan Diyor Imamkhojaev ke layanan pers Liga Sepak Bola Profesional Uzbekistan. Namun enam bulan kemudian, pada September 2012, Diyor mendapat beasiswa satu tahun dari Universitas Nasional Jakarta dan berangkat ke Indonesia. Pada 2013, ia mulai bekerja di saluran Sport TV dan radio. Dia bekerja di acara penulis "Football Review" oleh Zafar Imamkhojaev. Pada 2015, ia menyiarkan programnya sendiri "Socker Club"[4]. Proyek ini menjadi alasan untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Perusahaan TV dan Radio Nasional. Pada 2015, layanan pers klub sepak bola Lokomotiv menawarkan pekerjaan. Setelah 2 bulan beraktivitas, Diyor Imamkhodzhaev beralih ke publikasi online "Daryo" atas saran Mukhrim Azamkhodzhaev. Sejak 2016, ia juga berkolaborasi dengan championat.asia secara paralel. Dia juga meliput Liga Utama Inggris, La Liga Spanyol, Serie A Italia, Liga Champions Eropa, dan Liga Europa antara 2016 dan 2020 di UzReport TV dan Futbol TV. Pada tahun 2018, wakil presiden pertama Asosiasi Sepak Bola Uzbekistan, Umid Akhmadjanov, mengundang Diyor Imamkhodzhaev sebagai penasihat direktur umum Liga Sepak Bola Profesional Uzbekistan. Sejak 2019, ia mulai bekerja sebagai Wakil Direktur Jenderal PFL Uzbekistan. Pada 1 Juni 2020, atas rekomendasi Presiden Asosiasi Sepak Bola Uzbekistan Abdusalom Azizov, ia menjadi Direktur Jenderal Liga Sepak Bola Profesional Uzbekistan[5]. Diyor Imamkhojaev memiliki saluran Telegramnya sendiri, tempat ia berbagi konten baik dalam sepak bola maupun dalam aktivitas profesional. Selama ini, kanal ini menjadi sumber pertama peliputan posisi CEO organisasi di media.

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Diyor Imomxo'jayev bilan intervyu (to'liq)" (dalam bahasa Uzbek). 10 Juli 2017. 
  2. ^ "Diyor Imomkhodzhaev: "Now there will be a fair fight for the 3rd place in the Super League"" (dalam bahasa Inggris). 9 Desember 2021. 
  3. ^ "Diyor Imamkhodjaev: this is how teams should protect their rights" (dalam bahasa Inggris). 8 Agustua 2022. 
  4. ^ "Hacker club": 1-son Diarsipkan 2022-11-02 di Wayback Machine.. Championat.asia (10-avgust 2017-yil)
  5. ^ "Diyor Imomxo'jayev O'zPFL bosh direktori vazifasini bajaruvchi etib tayinlandi". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-01-27. Diakses tanggal 2022-06-27.