Liga Sepak Bola Profesional Uzbekistan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Uzbekistan Profesional Sepak Bola Liga
Negara Uzbekistan, Tashkent
KonfederasiAFC
Dibentuk20 Juni 2008; 15 tahun lalu (2008-06-20)
Promosi keLiga Super Uzbekistan
Pro-liga Uzbekistan
Liga Pertama Uzbekistan
Piala internasionalLiga Champions Asia
Piala AFC
Situs webpfl.uz

Liga Sepak Bola Profesional Uzbekistan, singkatnya UzPFL, adalah Liga Super, Liga Pro, Liga Pertama, Liga Tinggi Wanita, Liga Pertama Wanita, Liga Tinggi Futsal dan Liga Pertama, Piala Uzbekistan, Liga antar tim sepak bola di Uzbekistan .Piala, Piala Super Uzbekistan, mengoordinasikan penyelenggaraan semua kategori usia dari Kejuaraan U-19 Uzbekistan hingga Kejuaraan U-21 Uzbekistan dan kompetisi sepak bola profesional serupa lainnya, menyelenggarakan kompetisi antar klub sepak bola dan merupakan organisasi yang memberikan bimbingan tentang olahraga dan organisasi mereka - kegiatan manajemen dan hubungan timbal balik[1].

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1992, itu adalah bagian dari struktur organisasi Federasi Sepak Bola Uzbekistan dan merupakan divisi yang bertanggung jawab untuk menyelenggarakan kompetisi sepak bola profesional di Uzbekistan. Pada awal 2008, Konfederasi Sepak Bola Asia merekomendasikan Federasi Sepak Bola Uzbekistan untuk mendirikan PFL sebagai organisasi terpisah. Itu didirikan pada 20 Juni 2008 pada Rapat Umum Asosiasi Sepak Bola dan Klub Sepak Bola Uzbekistan dan didaftarkan oleh Kementerian Kehakiman Republik Uzbekistan pada 2 Juli[2]. Pada 10 Januari 2023, menjadi anggota Asosiasi Liga Sepak Bola Profesional Dunia[3][4].

Tujuan dan tugas[sunting | sunting sumber]

Tujuan utama Liga Sepak Bola Profesional Uzbekistan adalah untuk menyelenggarakan Liga Super, Liga Pro, Liga Pertama, Liga Tinggi Wanita, Liga Pertama Wanita, Futsal Wanita, Liga Tinggi Futsal dan Liga Pertama, Piala Uzbekistan, Piala Liga, Piala Super Uzbekistan di antara tim sepak bola di wilayah Republik Uzbekistan. Untuk mengoordinasikan penyelenggaraan semua kategori usia dan kompetisi sepak bola profesional serupa lainnya di Uzbekistan, untuk mengatur dan mengadakan kompetisi antar klub sepak bola, untuk memberikan panduan tentang olahraga dan organisasi mereka-kegiatan manajemen dan hubungan timbal balik.

Pemimpin[sunting | sunting sumber]

Farhod Magometov bekerja sebagai kepala pertama organisasi pada 2008-2017. Dari September 2017 hingga 2019, Amon Gafurov mengepalai organisasi tersebut. Kemudian, pada 2019-2020, organisasi tersebut diketuai oleh Davron Shoqurbanov. Dyor Imomkhojayev, yang sementara menjabat sebagai Direktur Jenderal dari tahun 2020 hingga 2022, diangkat sebagai Direktur Jenderal organisasi tersebut pada tahun 2022.

Nama Gambar Diangkat Dilepaskan
Farhod Magometov[5][6] 04.09.2008 04.09.2017
Amon Gafurov[7] 04.09.2017 17.06.2019
Davron Shogurbanov[8] 17.06.2019 26.05.2020
Diyor Imamkhojaev[9] 26.05.2020 sampai sekarang

Komite Eksekutif[sunting | sunting sumber]

Diyor Imamkhojaev, Direktur Jenderal[10].

Odil Ahmedov, anggota Komite Eksekutif, wakil presiden Asosiasi Sepak Bola Uzbekistan.

Aziza Tatlimuratova, anggota Komite Eksekutif, kepala Departemen Pengembangan Sepak Bola Wanita Asosiasi Sepak Bola Uzbekistan.

Olimkhan Akhmedov, anggota Komite Eksekutif, presiden klub sepak bola Turan[11].

Tolabek Akramov, anggota Komite Eksekutif, presiden klub sepak bola Lokomotiv-Tashkent.

Bahadir Mirzayev, anggota Komite Eksekutif, direktur umum klub sepak bola AGMK.

Alisher Yusupov, anggota Komite Eksekutif, manajer klub sepak bola Nasaf.

Maqsud Karimov, anggota Komite Eksekutif, direktur umum klub sepak bola Nasaf.

Oybekkhan Ibrahimkhanov, anggota Komite Eksekutif, konsultan hukum Liga Sepak Bola Profesional Uzbekistan.

Kompetisi di bawah yurisdiksi UzPFL[sunting | sunting sumber]

Kejuaraan sepak bola Uzbekistan[sunting | sunting sumber]

Coca Cola Superleague adalah divisi tertinggi dalam sistem kompetisi sepak bola Uzbekistan, yang diikuti oleh klub sepak bola profesional. Didirikan pada tahun 1992 dengan nama Olii League. Sebanyak 14 tim akan berpartisipasi. Kejuaraan akan diadakan pada bulan Maret-November dan masing-masing tim akan memainkan 26 pertandingan. Hingga tahun 2018, kompetisi tersebut resmi bernama Oliy League. Mulai 2019, sponsor utama akan disebut Liga Super Pepsi terlebih dahulu, dan kemudian Liga Super Coca Cola mulai 2020 . Dalam sejarah kejuaraan Uzbekistan, total 41 klub berpartisipasi, dan hanya 7 dari mereka yang mencapai podium kejuaraan: "Pakhtakor" - 14 kali, "Neftchi" - 5 kali, "Bunyodkor" - 5 kali, "Lokomotiv" - 3 kali, "Do'stlik" - 2 kali, MHSK - 1 kali, "Navbahor" - 1 kali. Di tahun yang berbeda, jumlah tim di kejuaraan Uzbekistan berbeda. Pada tahun pertama kejuaraan diikuti oleh 16 tim, kemudian pada tahun yang berbeda jumlah tim adalah 14, 18 dan 20. Pada tahun 2018, jumlah tim juara sebanyak 12 kali.

Piala Uzbekistan[sunting | sunting sumber]

Ini adalah kompetisi piala sepak bola nasional yang diselenggarakan oleh Liga Sepak Bola Profesional Uzbekistan. Kompetisi Piala Uzbekistan telah diselenggarakan sejak tahun 1992. Pemenang pertama kompetisi ini adalah klub Navbahor Namangan . Pemenang Piala Uzbeksiton berhak mengikuti Liga Champions AFC.

Piala Liga[sunting | sunting sumber]

Piala Liga Uzbekistan adalah kompetisi sepak bola pria tahunan. Kompetisi yang digelar sejak 2010 oleh Liga Sepak Bola Profesional Uzbekistan dan Persatuan Sepak Bola Uzbekistan ini tidak digelar pada 2016-2018. Piala Liga Uzbekistan diselenggarakan untuk pertama kalinya pada tahun 2019. Terutama klub Uzbekistan, serta klub sepak bola Qirgʻiziston, Tojikiston, Turkmaniston dan Qozogʻiston, atas saran UzPFL, akan berpartisipasi di dalamnya. Pemenang pertama kompetisi ini adalah tim "Pakhtakor" dari Tashkent[12].

Pro Liga[sunting | sunting sumber]

Sesuai keputusan manajemen PFL pada 21 November 2017, Liga Pertama Uzbekistan resmi berganti nama menjadi Liga Pro Uzbekistan mulai musim 2018. Liga dikurangi dari 18 menjadi 16 tim[13].

Pertama Liga[sunting | sunting sumber]

Telah beroperasi sejak 2010. Sejak musim 2010, kompetisi liga pertama dibagi menjadi dua wilayah: wilayah timur dan wilayah barat. Tim wilayah timur terdiri dari klub sepak bola wilayah Andijan, Namangan, Fergana dan Tashkent. Tim wilayah Barat terdiri dari klub sepak bola wilayah Syrdarya, Jizzakh, Navoi, Samarkand, Kashkadarya, Surkhandarya, Bukhara, Khorezm, dan Republik Karakalpakstan. Jumlah tim yang berpartisipasi di setiap wilayah: 12.

Liga Pertama Uzbekistan sebelumnya berfungsi sebagai kompetisi kelas dua dalam sistem sepak bola. Setelah Liga Pro didirikan pada tahun 2018, Liga Pertama ditata ulang mulai tahun 2020 dan sekarang menjadi kompetisi lapis ketiga di negara tersebut.

Uzbekistan Kedua Liga[sunting | sunting sumber]

Liga sepak bola peringkat ke-4 di Uzbekistan (setelah Superliga dan Pro-liga). Sebelum pembentukan Liga Pertama pada tahun 2020, berada di urutan ke-3.

Diadakan di bawah pengawasan Asosiasi Sepak Bola PFL Uzbekistan dan cabang regionalnya[14].

Kejuaraan U-21[sunting | sunting sumber]

Sebuah kompetisi di mana tim yunior dari tim Liga Super bermain dalam sistem sepak bola Uzbekistan. Sesuai dengan peraturan UzPFL, pemain berusia 21 tahun ke bawah akan berpartisipasi di dalamnya. Pertandingan kejuaraan U-21 akan diselenggarakan satu hari setelah pertandingan tim utama[15].

Kejuaraan U-19[sunting | sunting sumber]

Timnas yunior di bawah 19 tahun akan mempertahankan kehormatan Uzbekistan di World Youth Football Championship (U-20), Kejuaraan Asia di bawah 19 tahun (U-19) dan turnamen lainnya. Kompetisi antara tim U-19 dari klub Super League dan Pro League. Kejuaraan U-19 didirikan pada tahun 2021. Di dalamnya, semua klub dari dua divisi teratas akan memperebutkan kemenangan bersama anak didiknya. Kompetisi antara tim U-19 dari klub Super League dan Pro League. Kejuaraan U-19 didirikan pada tahun 2021. Di dalamnya, semua klub dari dua divisi teratas akan berjuang untuk meraih kemenangan bersama anak didiknya[16].

Liga Utama Wanita[sunting | sunting sumber]

Divisi teratas Kejuaraan Uzbekistan, tempat bermain klub wanita terkuat di Uzbekistan. Turnamen tersebut telah diadakan sejak tahun 1995. Juara tim putri Uzbekistan akan berkesempatan mengikuti Liga Champions Wanita Asia. Sejak 2010, diadakan di bawah naungan Asosiasi Sepak Bola Wanita Uzbekistan (OAFA) di bawah Asosiasi Sepak Bola Uzbekistan. Mulai musim 2013, hanya klub profesional yang dapat berpartisipasi di Liga Tinggi. Sejak 2011, kejuaraan Uzbekistan telah diadakan antar tim Liga Pertama. Jumlah peserta tidak tetap. Selain klub profesional, partisipasi diperbolehkan dengan tunduk pada Peraturan[17].

Liga Tinggi Futsal[sunting | sunting sumber]

Divisi utama Kejuaraan Futsal Uzbekistan. Tim futsal terkuat tanah air akan berpartisipasi di dalamnya. Kompetisi tersebut diadakan oleh UzPFL berdasarkan peraturan tersendiri, dan tim pemenang pada akhirnya akan mendapatkan hak untuk berpartisipasi di Liga Champions Futsal Asia[18].

Piala Futsal Uzbekistan[sunting | sunting sumber]

Futsal Cup of Uzbekistan adalah kompetisi tahunan yang diikuti oleh tim Futsal Oliy League dan Futsal First League[19].

Futsal Liga Pertama[sunting | sunting sumber]

Tim futsal profesional dan semi-profesional akan berpartisipasi dalam First Futsal League. Klub bersaing untuk mendapatkan tempat di Liga Pertama Futsal.

Kejuaraan Futsal U-18[sunting | sunting sumber]

Kejuaraan futsal U-18 didirikan pada tahun 2022. Kompetisi ini diselenggarakan dengan partisipasi tim pemain futsal di bawah usia 18 tahun di bawah klub Liga Futsal dan merupakan salah satu syarat proses Lisensi Konfederasi Sepak Bola Asia.

[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2018, Liga Sepak Bola Profesional Uzbekistan menjalin kemitraan dengan perusahaan Pepsi. Sejak 2019, Minuman Coca-Cola Uzbekistan telah menjadi sponsor utama Liga Super Uzbekistan. Di media massa dan acara resmi, divisi teratas kejuaraan sepak bola Uzbekistan disebut Coca-Cola Superliga[20]. Pada 16 Maret 2023, perusahaan konsultan investasi "BMB Trade Group" menjadi sponsor resmi Liga Super musim 2023[21].

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Liga Sepak Bola Profesional Uzbekistan adalah salah satu pemimpin dalam Perizinan di benua Asia. Menurut hasil tahun 2021, 12 klub Uzbekistan memenangkan lisensi Konfederasi Sepak Bola Asia, dan ini tercatat sebagai hasil terbaik ke-3 di benua itu. Pada tahun 2021, di antara tim putri, 2 klub dari Uzbekistan menjadi yang pertama di Asia yang berhasil lolos lisensi[22].

Kementerian Kehakiman Republik Uzbekistan dan National Association of Non-Governmental Organizations of Uzbekistan memasukkan UzPFL dalam daftar "Top-20 Most Transparent Non-Governmental Organizations" pada akhir tahun 2021[23].

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "PFL Superliga taqvimini o'zgartirdi va o'zgarishlarga izoh berdi". kun.uz. 
  2. ^ "Sport maktablari faoliyatini hamda sport maktablari trenerlari va mutaxassislari mehnatini moddiy rag'batlantirish tizimini yanada takomillashtirish to'g'risida". LexUz. 23.09.2010. 
  3. ^ O‘zPFL Jahon Professional futbol ligalari assotsiatsiyasi a’zosiga aylandi
  4. ^ World Association
of Professional
 Football Leagues
  5. ^ Diyor Imomxoʻjayev. "Omad sizga, Farhod Magomedov". championat.asia. 
  6. ^ "Farhod Magomedov PFL direktorligidan bo'shatildi". kun.uz. 10.10.2017. 
  7. ^ "PFL bosh direktori Omon G'ofurov iste'foga chiqdi". kun.uz. 
  8. ^ "Rasman: Davron SHakurbanov O'zPFL bosh direktori vazifasini vaqtincha bajaruvchi etib tayinlandi". championat.asia. 
  9. ^ "Bukmekerlik idoralari, kelishilgan o'yinlar va futboldagi korrupsiya. PFL rahbariyati bilan suhbat". kun.uz. 
  10. ^ "O'zbekiston Professional futbol ligasi Ijroiya qo'mitasi". Oʻzbekiston Professional futbol ligasi. 
  11. ^ https://championat.uz/oz/news/turon-tasischisi-klub-prezidenti-lavozimida-ish-olib-boradi?utm_source%5B0%5D=%40%40kdl4R
  12. ^ https://pfl.uz/uzb/clubs/1
  13. ^ https://pfl.uz/uzb/news/sections/pro_liga
  14. ^ https://azscore.uz/football/leagues/uzbekistan/uzbekistan-division-2
  15. ^ https://www.transfermarkt.com/usbekistan-u21/startseite/verein/30418
  16. ^ https://www.transfermarkt.com/usbekistan-u19/startseite/verein/39292
  17. ^ https://pfl.uz/uzb/news/sections/womens
  18. ^ https://www.futsalworldranking.com/rank.htm
  19. ^ Futsal World Ranking
  20. ^ Coca-Cola sponsors the 2019 Uzbekistan Super League
  21. ^ BMB Trade group Liga rasmiy homiysiga aylandi
  22. ^ "Litsenziyalash yakunlari: 12 ta klub OFK litsenziyasini, 9 ta klub esa milliy litsenziyani shartli ravishda qo'lga kiritdi". Oʻzbekiston Professional futbol ligasi. 
  23. ^ "Litsenziyalash yakunlari: 12 ta klub OFK litsenziyasini, 9 ta klub esa milliy litsenziyani shartli ravishda qo'lga kiritdi". Oʻzbekiston Professional futbol ligasi.