Distrik Beimen, Tainan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Infotaula de geografia políticaDistrik Beimen, Tainan
distrik di Taiwan

Tempat
Negara dengan pengakuan terbatasTaiwan
Kota madya di TaiwanKota Tainan

NegaraTaiwan
Pembagian administratif
Penduduk
Total11.468  (2016 )
Geografi
Luas wilayah44,1 km² [convert: unit tak dikenal]
Ketinggian0 m
Berbatasan dengan
Informasi tambahan
Kode pos727
Zona waktu
Lain-lain

Situs webLaman resmi

Distrik Beimen (Hanzi: 北門區, pinyin: beimen-qu) adalah salah satu distrik di Kota Tainan. Distrik ini merupakan distrik di sebelah ujung barat laut Tainan. Sebelah barat berbatasan dengan Selat Taiwan, utara dengan Kabupaten Chiayi, selatan dengan Distrik Jiangjun dan barat dengan Distrik Xuejia. Mata pencaharian penduduk di distrik ini terutama adalah budidaya perikanan dan pertanian.

Sejarah singkat[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar wilayah distrik ini adalah bagian delta Sungai Jishui yang mengalir dan bermuara di sini. Garis pantai distrik ini merupakan pulau pasir yang terpisah dari pulau Taiwan dan pada awalnya disebut sebagai Kepulauan Beimen (北門嶼), arti harfiahnya adalah Kepulauan Pintu Utara karena letaknya relatif di sebelah utara Tainan. Kira-kira pada era Qianlong dalam Dinasti Qing, endapan pasir menghubungkan pulau pasir tadi dengan pulau Taiwan.

Di penghujung Dinasti Qing, industri pertambakan garam merupakan sumber penghasilan utara di wilayah ini. Seusai pendudukan Jepang, Beimen ditingkatkan statusnya menjadi Kecamatan Beimen di dalam Kabupaten Tainan. Pada tanggal 25 Desember 2010, Beimen menjadi distrik dalam Kota Tainan.


Pranala luar[sunting | sunting sumber]