Diastema

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Diastema
Crâne cheval.jpg
Rincian
Pengenal
Bahasa Latindiastema
MeSHD003970
TAA05.1.03.078
FMA77271
Daftar istilah anatomi

Diastema adalah suatu ruang yang terdapat di antara dua buah gigi yang berdekatan. Diastema ini merupakan suatu ketidaksesuaian antara lengkung gigi dengan lengkung rahang. Bisa terletak di anterior ataupun di posterior, bahkan bisa mengenai seluruh rahang. Diastema sentral rahang atas adalah ruang yang terdapat di antara gigi insisif sentral rahang atas.

Diastema sentral rahang atas, merupakan suatu maloklusi yang sering muncul dengan ciri khas yaitu berupa celah yang terdapat di antara insisif sentral rahang atas. Seringkali diastema ini menyebabkan gangguan estetik bagi sebagian orang, terutama diastema yang terdapat di anterior, sementera bagi sebagian orang, diastema ini dianggap sebagai suatu ciri khas dari orang tersebut dan bukan merupakan gangguan bagi penampilan estetiknya. Oleh karena bagi sebagian orang diastema sentral ini merupakan suatu gangguan estetik terhadap penampilannya, maka banyak orang yang mencari dan meminta pertolongan dari dokter gigi untuk mengkoreksi kelainan tersebut. Dengan telah dikoreksinya kelainan tersebut, mereka berharap akan lebih menambah baik penampilannya dan akan meningkatkan rasa percaya dirinya.

Pada manusia[sunting | sunting sumber]

Aktor Terry-Thomas dikenal karena diastema 1⁄3-inch (8.5 mm) miliknya.

Beberapa tokoh terkenal yang dikenal karena memiliki diastema meliputi penyanyi musik country Charley Pride, model Jessica Hart, Lindsey Wixson, Lauren Hutton dan Lara Stone, penyiar dan wartawan berita televisi Amerika Michelle Charlesworth, pemain sepak bola Amerika Michael Strahan, aktris Vanessa Paradis, Léa Seydoux, Amira Casar, Eve Myles, Cecile de France, Béatrice Dalle, Jorja Fox, Anna Paquin dan Uzo Aduba, penyanyi/gitaris Ray Davies dari Kinks, aktor Ernest Borgnine, Terry-Thomas, dan Shebada asal Jamaika, penyanyi Madonna, Melanie Martinez, Becky G, dan Laura Pausini, penyanyi-penulis lagu Elton John dan Seal, musisi rock Flea, rapper 50 Cent, mantan acara tengah malam David Letterman, gitaris Steve Howe,[1] komedian Paul F. Tompkins,[2] pegulat profesional dan mantan Juara Gulat Dunia TNA Bobby Roode, pemain Bisbol Liga Utama Jimmy Rollins, Elvis Costello, penyanyi Bobby Brown dan putrinya Bobbi Kristina Brown dan mantan Sekretaris Negara AS Condoleezza Rice.[3][4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gary Hill. "Steve Howe". AllMusic. Diakses tanggal 23 Juli 2014. 
  2. ^ "Diastema (dentistry)". Factualworld. Diakses tanggal 3 Apr 2014. 
  3. ^ Rachel Dodes (8 September 2010). "We Don't Mind the Gap: The Fashionable Flash a New Smile". Wall Street Journal. Diakses tanggal 2010-09-10. 
  4. ^ "Midline diastemata in fashion". Bite magazine website. 14 Oktober 2010. Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 April 2012. Diakses tanggal 10 September 2010.