Emigrasi Tionghoa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Diaspora Tionghoa)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Emigrasi Tionghoa

Brooklyn Chinatown.png

Toko grosir khas di 8th Avenue di salah satu Pecinan Brooklyn (布鲁克林華埠), Long Island, New York, AS. Berbagai Pecinan yang berada di New York City berada di Queens (法拉盛華埠), Manhattan (紐約華埠), dan Brooklyn menjadi enklave perkotaan tradisional, karena imigrasi Tionghoa berskala besar terjadi di New York,[1][2][3][4] dengan populasi Tionghoa metropolitan terbesar di luar Asia,[5] yang meliputi sekitar 812,410 pada 2015.[6]
Peta Migrasi Tionghoa dari 1800an sampai 1949

Arus emigrasi Tionghoa (juga dikenal dengan sebutan diaspora Tionghoa) terjadi sepanjang sejarah. Emigrasi masaal yang dikenal sebagai diaspora Tionghoa, terjadi dari abad ke-19 sampai 1949, utamanya disebabkan oleh perang dan kelaparan di Tiongkok daratan, invasi dari berbagai negara asing, serta masalah yang diakibatkan dari korupsi politik. Kebanyakan imigran adalah petani buta huruf dan buruh manual, yang disebut "kuli" (Hanzi: 苦力; Pinyin: kǔ lì; harfiah: 'Buruh Keras'), yang beremigrasi untuk bekerja di negara-negara seperti Amerika, Australia, Afrika Selatan, dan Asia Tenggara.

Menurut buku Lynn Pan Sons of the Yellow Emperor, emigrasi kuli Tionghoa dimulai setelah perbudakan dihapuskan di seluruh kawasan yang diduduki oleh Inggris. Menghadapi penyusutan tenaga manusia, para pedagang Eropa memutuskan untuk mengganti para budak Afrika dengan para buruh dari Tiongkok dan India. Seorang penanam Guiana Britania menyatakan soal alasannya memilih para buruh Tionghoa: "fisik kuat mereka, keuletan mereka untuk menghasilkan uang, kerja keras mereka dari bayi".

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Yearbook of Immigration Statistics: 2013 Supplemental Table 2". U.S. Department of Homeland Security. Diakses tanggal 14 April 2016. 
  2. ^ "Yearbook of Immigration Statistics: 2012 Supplemental Table 2". U.S. Department of Homeland Security. Diakses tanggal 14 April 2016. 
  3. ^ "Yearbook of Immigration Statistics: 2011 Supplemental Table 2". U.S. Department of Homeland Security. Diakses tanggal 14 April 2016. 
  4. ^ John Marzulli (9 May 2011). "Malaysian man smuggled illegal Chinese immigrants into Brooklyn using Queen Mary 2: authorities". New York: New York Daily News. Diakses tanggal 14 April 2016. 
  5. ^ "Chinese New Year 2012 in Flushing". QueensBuzz.com. 25 January 2012. Diakses tanggal 14 April 2016. 
  6. ^ "SELECTED POPULATION PROFILE IN THE UNITED STATES 2015 American Community Survey 1-Year Estimates New York-Newark, NY-NJ-CT-PA CSA Chinese alone". United States Census Bureau. Diakses tanggal April 2, 2017. 

 Artikel ini berisi bahan berstatus domain umum dari situs web atau dokumen Library of Congress Country Studies. [1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]