Diane Warren

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Diane Warren (lahir 7 September 1956) adalah seorang pencipta lagu berkebangsaan Amerika Serikat. Lagu-lagunya telah menerima banyak penghargaan dan nominasi, termasuk di antaranya Academy Awards, Golden Globe Awards, dan Grammy Awards. Ia juga telah dimasukan ke dalam Songwriters Hall of Fame pada tahun 2001.[1] Peter Reichardt, mantan pimpinan EMI Music Publishing UK, menyebut Warren sebagai "pencipta lagu paling penting di seluruh dunia."[2]

Warren merupakan pencipta lagu pertama dalam sejarah Billboard yang pernah menempatkan tujuh singel (seluruhnya dinyanyikan oleh penyanyi yang berbeda) pada tangga lagu dalam waktu yang bersamaan. Ia juga memiliki perusahaan penerbit lagu, Realsongs, yang memberikannya kontrol penuh dalam karya-karyanya.

Warren telah melahirkan berbagai hit bagi penyenanyi-penyanyi terkenal dunia seperti Celine Dion, Whitney Houston, Toni Braxton, Christina Aguilera, Aerosmith, Elton John, Tina Turner, Barbra Streisand dan masih banyak lagi. Lagu-lagu ciptaannya juga telah ditampilkan pada lebih dari 70 film atau program televisi. Di Indonesia sendiri, Warren juga pernah menciptakan lagu untuk penyanyi pop Krisdayanti yang berjudul "Can't Remember a Time" pada tahun 2005.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Songwriters Hall of Fame website". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-01-04. Diakses tanggal 2012-09-08. 
  2. ^ "Real Songs - The Diane Warren Story". BBC Radio 2. Retrieved May 23 2012