Di-Zahab

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Di-Zahab (artinya "daerah emas" atau "berlimpah dengan emas") adalah nama tempat yang disebut dalam Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama di Alkitab Kristen. Dikatakan berbatasan dengan Araba-Yordan (Arabah). Tercatat dalam ayat pertama Kitab Ulangan pasal 1:

Inilah perkataan-perkataan yang diucapkan Musa kepada seluruh orang Israel di seberang sungai Yordan, di padang gurun, di Araba-Yordan, di tentangan Suf, antara Paran dengan Tofel, Laban, Hazerot dan Di-Zahab.[1]

Pada peta yang dibuat oleh Burton (Burtons map) ditempatkan di sebelah selatan Gunung Horab dan Elat di pantai barat laut Teluk Aqaba sedikit di timur laut padang gurun Paran yang merupakan sebuah wadi yang mengalir melintasi bagian selatan Sinai dari Teluk Suez ke Teluk Aqaba. Tofel berada di barat daya sungai Yordan sedikit di utara Elat di perbatasan Edom dan Midian di jalur jalan ke Petra dan Moab.

Laut Suf (= Yam Suf) atau Laut Merah disebutkan di 1 Raja–raja 9:26 sebagai lokasi pangkalan angkatan laut raja Salomo di Ezion-Geber, yaitu di dekat Eloth, di ujung Laut Suf, di tanah Edom. Laban diperkirakan adalah tanah Laban atau Aram di ujung utara Seir, sedangkan Hazerot adalah salah satu tempat persinggahan dalam perjalanan orang Israel dari Mesir ke tanah Kanaan, yang terletak antara Elat dan Kadesh.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]