Sabtu Pertama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Devosi Sabtu Pertama)

Devosi Sabtu Pertama, juga disebut Tindakan Reparasi Hati Santa Perawan Maria Yang Tak Bernoda, adalah sebuah Devosi Katolik yang menurut Suster Lúcia dari Fátima, diminta oleh Perawan Maria dalam penampakan di Pontevedra, Spanyol, pada bulan Desember 1925.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Patung religius yang menggambarkan Hati Maria Tak Bernoda seperti yang terungkap dalam Penampakan Maria yang terjadi di Fátima, Portugal.

Praktik saleh dalam menghormati Bunda Maria pada hari Sabtu adalah kebiasaan kuno yang sebagian besar dikaitkan dengan biarawan Benediktin Alcuin (735-804), "Menteri Pendidikan" di istana Charlemagne, yang menyusun formularium Misa votif untuk setiap hari dalam seminggu. Alcuin menugaskan dua formularium pada hari Sabtu untuk menghormati Maria. Praktik ini dengan cepat diadopsi oleh para pastor dan awam.[1]

Praktik silih Hati Maria Tak Bernoda pada Sabtu Pertama dimulai di Rovigo, Italia, oleh Maria Dolores Inglese, seorang Servitus tersier pada tahun 1889. Dia memulai di antara teman-temannya praktik saleh "Komuni dalam Reparasi Hati Maria Yang Tak Bernoda". Praktik ini didukung oleh Uskup Antonio Polin dari Keuskupan Adria dan diterapkan oleh sodalitas di seluruh Italia dan di tempat lain.[1] Aktif Tanggal 1 Juli 1905, Paus Pius X menyetujui dan memberikan indulgensi untuk praktik Sabtu Pertama selama dua belas bulan berturut-turut untuk menghormati Dikandung Tanpa Noda. Praktek ini sangat mirip dengan permintaan yang dilaporkan oleh Perawan Maria yang Terberkati pada penampakan Pontevedra.

Inglese ingin mendirikan kongregasi religius yang didedikasikan untuk kerasulan reparasi Maria. Uskup Tommaso Pio Boggiani merekomendasikan agar dia bergabung dengan para suster Servite, yang dikenal karena pengabdian mereka kepada Bunda Dukacita. Ia bergabung dengan Servites sebagai Suster Maria Dolores pada tahun 1911. Ia dan pendiri Bunda Maria Elisa Andreoli merevisi aturan tersebut, menjadikan penyebaran Komuni Reparasi pada Sabtu Pertama setiap bulan sebagai kerasulan utama kongregasi. Mereka pun mengubah nama grup dari "Hamba Maria" menjadi "Hamba Maria Reparasi". Para suster juga menerbitkan majalah bulanan yang membantu menyebarkan devosi ke seluruh Eropa.[2]

Pontevedra[sunting | sunting sumber]

Biara Dorothean di Pontevedra, sekarang dikenal sebagai Tempat Suci Penampakan, di mana Suster Lúcia tinggal dan menerima penampakan Maria.

Pada usia 14 tahun, Lúcia dos Santos, salah satu peramal Portugis Bunda dari Fátima ketika ia berusia sepuluh tahun, diterima sebagai penghuni sekolah para Suster Santo Dorothy di Vilar, dekat kota Porto. Pada tanggal 24 Oktober 1925, ia masuk Institut Suster-suster Saint Dorothy sebagai postulan di biara di Tui, Spanyol, tepat di seberang perbatasan utara Portugis.

Suster Lúcia kemudian melaporkan bahwa pada tanggal 10 Desember 1925, Perawan Maria menampakkan diri kepadanya di biara Dorothean di Pontevedra, dan di sisinya di atas awan bercahaya ada Anak Yesus. Menurut Lúcia, Maria meminta diadakannya Devosi Lima Sabtu Pertama sebagai silih kepadanya Hati Tak Bernoda:

Lihatlah, putriku, pada Hatiku yang dikelilingi oleh duri-duri yang setiap saat ditusuk oleh manusia karena penghujatan dan rasa tidak berterima kasih mereka. Anda, setidaknya, berusaha untuk menghibur saya, dan karena itu saya umumkan: Saya berjanji untuk membantu pada saat kematian dengan rahmat yang diperlukan untuk keselamatan semua orang yang, dengan maksud untuk melakukan silih kepada saya, akan, pada hari Sabtu pertama tahun lima bulan berturut-turut, mengaku dosa, menerima Komuni Kudus, mendaraskan tasbih selama lima dekade, dan menemani saya selama lima belas menit sambil merenungkan lima belas misteri dari Rosario.

Para penyembah Fátima percaya bahwa Sabtu Pertama membantu menghibur kesedihan Tuhan, Yesus, dan Perawan Maria atas dosa-dosa yang menimpanya Hati Tak Bernoda.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b /saturday-devotions.php "Saturday Devotions : University of Dayton, Ohio" Periksa nilai |url= (bantuan). udayton.edu. 
  2. ^ Queen of the Missions, Oktober 1954]